Rektor UMJ: Revitalisasi Gerakan IMM Harus Selalu Dilakukan

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Ma’mun Murod menyampaikan sambutan dan arahannya di Aula Kasman Singodimedjo Lantai 4 Gedung FISIP UMJ, Jum’at (30/12).

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengingatkan mahasiswa untuk tetap melakukan revitalisasi nilai gerakan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), yaitu kemahasiswaan, keagamaan, dan kemasyarakatan, karena harapan Indonesia untuk menghadapi polemik bangsa saat ini adalah mahasiswa, khususnya para aktivis. Hal ini disampaikan Ma’mun dalam Pelantikan Pimpinan Komisariat (PK) IMM FISIP UMJ periode 2022/2023, di Aula Kasman Singodimedjo Lantai 4 Gedung FISIP, Jum’at (30/12).

Berangkat dari tema “Revitalisasi Nilai Gerak IMM Demi Terwujudnya Sinergitas Kepemimpinan yang Inklusif”, Ma’mun menyatakan bahwa dari nilai keagamaan, IMM harus mengisi ruang kosong keagamaan dan masuk ke dalamnya agar tidak diisi oleh kelompok dengan paham mono-prespektif, yang pahamnya tidak inklusif dan cenderung eksklusif. Lalu, gerakan dalam konteks kemahasiswaan, menurutnya sebagai agen perubahan tunjukan bahwa gerakan mahasiswa itu masih ada. Demo kepedulian dan keberpihakan terhadap kelompok mustadh’afin. Terakhir, gerakan kemasyarakatan dalam konteks ini IMM (mahasiswa) tidak bisa ada sekat, harus jadi bagian gerakan yang bersinergi bersama masyarakat. “Tiga hal revitalisasi tentang pentingnya keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan, harus dilakukan bagi mahasiswa dan kader IMM apalagi yang saat ini dilantik sebagai PK IMM FISIP, karena inilah yang berguna di masyarakat,” tegas Ma’mun.

Badan Pengurus Harian PK IMM FISIP UMJ ketika dilantik, di Aula Kasman Singdimedjo Lantai 4 Gedung FISIP UMJ, Jum’at (30/12).


Selaras dengan Ma’mun, Wakil Dekan III FISIP UMJ Dr. Fal. Harmonis, M.Si. menambahkan bahwa lembaga kemahasiswaan di FISIP UMJ, khususnya pengurus IMM yang saat ini dilantik diharapkan dapat mengadakan kegiatan yang menghasilkan prestasi baik akademik maupun non akademik bagi para mahasiswa. “Dari kegiatan yang berprestasi tersebut, tentunya membantu fakultas dan UMJ untuk gapai predikat unggul,” tuturnya.

Asyraf Al Faruqi, S.Sos, Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Cirendeu mengimbau PK IMM FISIP 2022/2023 untuk melahirkan kader yang luar biasa dan harus bisa menjalani prosesnya. “Berproses itu harus, teman-teman. Terus semangat dalam menjalani satu periode ke depan. Memimpin itu menderita, oleh karena itu harus bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergis, agar dapat maju. Satu tahun ke depan kalian akan diuji, apakah amanah yang kalian emban itu di tangan yg salah atau benar. Mudah-mudahan diberikan kelancaran dan diridhai allah SWT,” ungkap Asyraf.

Ketua Umum PK IMM FISIP 2021/2022 Raja Faidz El Shidqi juga menyerukan kepada pengurus periode selanjutnya untuk paham arti sebagi pemimpin. Menurutnya, menjadi Badan Pengurus Harian (BPH) itu mempunyai beban tersendiri daripada kader, tapi segala halangan dapat dilewati selagi bersama. Terutama untuk ketua umum, bahwa ketua umum itu tidak menyuruh tapi memikirkan kebijakan yang diambil untuk kebaikan bersama dengan segala resiko yang sudah dipertimbangkan.

Usai dilantik bersama para BPH, Ketua Umum PK IMM FISIP 2022/2023 M. Diva Mu’zizat mengungkapkan rasa senangnya untuk melanjutkan perjuangan IMM dengan merujuk pada tema pelantikan. “Revitalisasi itu kan penanaman mengenai trilogi gerakan IMM seperti yang sudah disampaikan Pak Ma’mun. Oleh karena itu, ini menjadi tanggung jawab bagi Saya dan teman-teman komisariat untuk menciptakan sinergitas antar BPH dan lembaga lain, untuk membangun UMJ yang lebih baik lagi. Dengan ini, mari membersamai untuk IMM yang lebih baik,” ujar Diva.

Sumpah dan pembacaan SK Pelantikan PK IMM FISIP UMJ periode 2022/2023 dipimpin oleh Kepala Bidang Riset, Penelitian, dan Keilmuan Pimpinan Cabang IMM Cirendeu M. Sulaiman, S.Sos, yang didampingi oleh Harmonis saat serah jabatan ketua umum. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakil Dekan II FISIP Dr. Djoni Gunanto, M.Si., Kepala Bagian Protokol Syifa Astasia Utari, M.Si., dan diikuti oleh sivitas akademika UMJ. (QF/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/