BEM FIK UMJ Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Simprug

Oleh :
Fazri Maulana
Syamsul Anwar, SKM., M.Kep., Sp. Kep. Kom., menyerahkan bantuan logistik kepada masyarakat korban kebakaran Simprug yang diwakilkan oleh Yayasan Gerak Bareng, pada Rabu (31/08/22), di posko kemanusiaan, Simprug, Jakarta Selatan.

Kebakaran hebat melanda rumah di kawasan Jalan Simprug Golf 2, Kebayoran lama, Jakarta Selatan. Insiden tersebut terjadi sejak pagi hari pada Minggu (21/08/22). Akibat kebakaran itu, 500 warga harus kehilangan tempat tinggal. Saat ini warga kebakaran masih membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk membantu meringankan penderitaan korban kebakaran tersebut. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta salurkan penyerahan bantuan dan pendampingan pemulihan trauma (trauma healing) pada Rabu (31/08/22).

Bekerja sama dengan Yayasan Gerak Bareng yang berfokus kepada dapur umum, BEM FIK UMJ menyerahkan bantuan logistik berupa sembako. Tidak hanya itu, BEM FIK UMJ juga ikut terlibat dalam membuat dan menyiapkan makanan untuk korban kebakaran. Penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan III, Perwakilan Yayasan Gerak Bareng, Ketua RT, dan Masyarakat bertempat di posko relawan kemanusian RT 09 RW 01.

Wakil Dekan III FIK UMJ, Syamsul Anwar, SKM., M.Kep., Sp. Kep. Kom, menuturkan bahwa bentuk bantuan yang diberikan kepada korban harus memiliki pendekatan yang berbeda. Pendekatan tersebut tidak hanya berupa kepedulian semata, tetapi juga pendekatan dengan ikut terlibat secara langsung membantu korban.

“Pendekatannya adalah ketika mereka peduli bukan hanya dengan melihat-melihat, foto selife, dan lainnya. Itu bukanlah sesuatu yang diharapkan, tetapi bagaimana kita ikut merasakan. Sebagai contoh kita meminta mahasiswa hari ini untuk ikut terlibat secara langsung dalam mengelola dapur umum,” ungkap Syamsul saat ditemui di lokasi dapur umum.

Peserta Rencana Tindak Lanjut BEM FIK UMJ sedang membantu kegiatan di dapur umum.

Ketua BEM FIK UMJ, M. Fadli Pratama menjelaskan mahasiswa yang membantu dalam kegiatan ini merupakan peserta dari latihan kepemimpinan tingkat fakultas yang melaksanakan rencana tindak lanjut. Kegiatan ini tidak hanya berfokus kepada penyerahan bantuan saja, tetapi akan ada pendampingan pemulihan trauma untuk anak-anak di sekitar kawasan kebakaran. Dari kegiatan ini, Fadli sangat mengharapkan mahasiswa FIK UMJ memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap sesama.

Di tempat yang sama, Ketua RT 09, Cici sangat menyambut bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat korban kebakaran. Peristiwa ini mengakibatkan  133 Kepala Keluarga (KK) dan 398 jiwa terdampak. Tidak hanya itu, banyak harta benda masyarakat sudah tidak bisa diselamatkan. Maka dari itu, Cici mengharapkan kedepannya bantuan yang diberikan kepada masyarakat yakni peralatan sekolah untuk anak-anak di kawasan simprug.

Pada kesempatan yang sama, Fadli mendorong kegiatan ini bisa dilakukan oleh seluruh civitas akademika atau kelembagaan yang ada di UMJ. Tujuan yang hendak dicapai tidak hanya untuk menujukan keberadaan fakultas semata, tetapi kegiatan yang dilakukan harus bisa berdampak kepada masyarakat luas. “Saya mengharapkan seluruh kelembagaan yang berada di UMJ, lebih banyak kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Jangan hanya untuk eksistensi fakultas semata,”tambah Fadli. (FZ/KSU).

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/