Dosen UMJ Berikan Pelatihan Bagi Pelaku UMKM Kebayoran Baru

Oleh :
Kontributor LPPM
Darto, SE., MM., mahasiswa bersama peserta pelatihan seusai pelatihan di RPTRA Dwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/08/2023).
Darto, SE., MM. (kedua dari kiri), mahasiswa bersama peserta pelatihan seusai pelatihan di RPTRA Dwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/08/2023).

Dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang tergabung dalam tim program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM di kawasan Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/08/2023).

Program PkM ini mengangkat tema Diversifikasi dan Pengembangan Usaha Aneka Kue Basah pada UMKM DKI Jakarta Untuk Peningkatan Produksi, Manajemen Keuangan dan Digital Marketing. Peserta pelatihan terdiri dari penggerak UMKM di Kec. Kebayoran Lama, Kec. Kebayoran Baru, dan pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Dwijaya.

PkM UMJ
Pemberian cinderamata oleh Tim PkM dan produk hasil UMKM aneka kue basah di RPTRA Dwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/08/2023).

Tim PKM yang diketuai oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Darto, SE., MM., ini beranggotakan Prof. Tri Yuni Hendrawati (Fakultas Teknik), Dr. Maswanto, SE., MM. (FEB), Dr. Cecep Haryoto, SE., MM. (FEB). Selain itu anggota tim juga berasal dari mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN), serta tenaga kependidikan.

“Melalui pelatihan ini, harapannya pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha kue basah melalui peningkatan produksi, manajemen keuangan, dan digital marketing bagi pelaku usaha kue basah. Selain itu dosen dan mahasiswa dapat bersama-sama mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari,” ungkap Darto.

Salah satu peserta pelatihan, Sahilah yang telah meniti usaha kue basah selama puluhan tahun mengaku mendapatkan pengetahuan setelah mengikuti pelatihan. Selama ini ia tidak pernah menerapkan manajemen keuangan sebagaimana materi pelatihan yang diberikan.

Sahilah berharap dapat memperbaiki tata kelola keuangan usahanya dan meningkatkan penjualan melalui metode penjualan secara online sehingga akan berdampak pada besaran omset yang didapat. Ia juga berharap program pelatihan dapat berjalan secara berkelanjutan.

Editor : Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/