PWM Jatim Fasilitasi LUKW UMJ Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Oleh :
Dinar Meidiana
PWM Jatim Fasilitasi LUKW UMJ Gelar Uji Kompetensi Wartawan
Kiri-Kanan : Marah Sakti Siregar (penguji), Dr. dr. Sukadiono, MM (Ketua PWM Jatim), Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom (Direktur LUKW UMJ), Dr. Aribowo M.Si. (Ketua MPID PWM Jatim), saat pembukaan UKW di Aula Gedung PWM Jatim, Sabtu (02/03/2024). (Foto: Dok.Pribadi)

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (PWM Jatim) memfasilitasi Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LUKW UMJ) dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi bagi jurnalis media afiliasi Muhammadiyah Jawa Timur di Aula Gedung PWM Jatim, Sabtu (02/03/2024).

Baca juga : Uji Kompetensi Wartawan Perlu untuk Membangun Pers Indonesia

Direktur LUKW UMJ Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom. menerangkan bahwa UKW ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di PWM Jawa Timur. Ia mengapresiasi PWM Jatim yang antusias dalam penyelenggaraan program yang digagas oleh Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta..

“UKW merupakan program strategis MPI dan UMJ dalam meningkatkan profesionalisme wartawan Muhammadiyah. Dalam pelaksanaannya, LUKW UMJ selalu mengedepankan objektivitas dari setiap rangkaian mata uji.

Para penguji UKW yang telah malang melintang menjadi wartawan di media massa mainstream, selalu objektif menilai para peserta UKW. Di setiap UKW, selalu saja ada yang tidak lulus”, ungkap Tria dalam sambutan di pembukaan UKW.

PWM Jatim Fasilitasi LUKW UMJ Gelar Uji Kompetensi Wartawan
Ketua dan pengurus PWM Jatim, Pengurus LUKW UMJ, Penguji dan peserta UKW saat pembukaan UKW di Aula Gedung Sabtu (02/03/2024). (Foto : Dok.Pribadi)

Lebih lanjut, Tria menyampaikan bahwa LUKW UMJ yang didirikan berdasarkan SK Dewan Pers no 18 tahun 2020 ini telah melakukan UKW sebanyak sembilan kali dengan peserta wartawan yang berasal dari media afiliasi Muhammadiyah atau media umum.

Tria berpesan pada seluruh peserta agar menjalankan tugasnya sebagai peliput berita secara profesional. Ia meyakini kerja keras para kontributor media afiliasi Muhammadiyah dapat sarana dakwah Persyarikatan Muhammadiyah.

Pada UKW kali ini, 26 jurnalis yang terdiri dari 23 wartawan dengan kategori Muda dan tiga wartawan di kategori Utama, mengikuti rangkaian materi uji meliputi Kode Etik Jurnalistik, Hukum dan UU Pers, Kebijakan Redaksi, Merencanakan dan Mengusulkan Liputan, dan lain sebagainya. Para jurnalis tersebut berasal dari media yang terafiliasi Muhammadiyah seperti Matan, majelistabligh.id, pwmu.co, TvMu, pwmtv, dan lain-lain. Dari 26 peserta, 23 peserta mengikuti UKW kategori muda, sedangkan tiga lainnya kategori utama.

Para penguji merupakan wartawan berpengalaman yaitu matan wartawan Majalah Tempo Marah Sakti Siregar, mantan Direktur Antara New York Aat Surya Safaat, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Umum PP Muhammadiyah Edy Kuscahyanto, pendiri Menara62 Imam Prihadiyoko, dan juralis senior RCTI Moebanoe Moera.

Turut hadir pada pembukaan UKW, Ketua PWM Jatim, Dr. dr. Sukadiono, MM., Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah Roni Tabroni, M.Si., Ketua LHKP PWM Jatim Dr. Muhammad Mirdasy, dan Ketua MPID PWM Jatim, Dr. Aribowo M.S.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/