UMJ Terima Kunjungan SMAN 8 Tangsel

Oleh :
Nadiva Rahma
UMJ Terima Kunjungan SMAN 8 Tangsel
Kunjungan SMAN 8 Tangerang Selatan di Aula FAI UMJ (atas) dan Aula FH UMJ (bawah), Selasa, (12/12/2023). (Foto : Dok.Pribadi)

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menerima kunjungan SMA Negeri 8 Tangerang Selatan, Selasa, (12/12/2023). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara UMJ dengan SMAN 8 Tangerang Selatan, dengan melaksanakan kuliah umum dan campus tour. Sebanyak 239 siswa disambut di dua tempat berbeda yakni Aula KH Mas Mansoer Fakultas Agama Islam UMJ dan Aula Fakultas Hukum UMJ.

Baca juga : Rektor UMJ Kunjungi SMAN 8 Tangsel

Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dalam kesempatan ini menyampaikan materi ideologi pancasila di Aula FAI UMJ. Menurutnya, ideologi Pancasila harus tumbuh dari sekolah, di mana setiap siswa merupakan cikal bakal calon pemimpin di masa depan. “Sebagai seorang pemimpin sudah sepantasnya terus meningkatkan kapasitas menjadi insan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Tentu semua itu akan didapat melalui pendidikan yang baik,” Ungkap Ma’mun.

Sebagai rangkaian dari kegiatan promosi UMJ, Wakil Dekan I FAI UMJ, Busahdiar, MA., memperkenalkan beberapa program studi yang ada di FAI UMJ. Busahdiar juga memberikan gambaran program studi yang dapat dipililh oleh siswa sesuai dengan minat yang dimiliki.

Sementara dosen FH UMJ, Merdiansa Paputungan, SH.,MH., sebagai narasumber di Aula FH UMJ menjelaskan tentang ideologi Pancasila bukan hanya sekadar lima sila yang dihapalkan, tetapi sebagai sumber nilai dalam sikap dan Tindakan. “Tugas generasi milenial dan gen-z adalah menjadikan nilai-nilai itu relevan dengan zamannya. Sebagai contoh yaitu sopan santun yang merupakan implementasi dari nilai pancasila tersebut,” Papar Merdiansa.

Taufik Ibnu sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kemahasiswaan mengatakan bahwa banyak lulusan dari SMAN 8 Tangsel yang merupakan mahasiswa berprestasi di UMJ. Taufik berharap siswa SMAN 8 Tangsel dapat memilih UMJ sebagai perguruan tinggi jika belum berkesempatan berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri.

Selaras dengan yang disampaikan Wadek 1 FAI UMJ, Dekan FH UMJ, Dr. Dwi Putri Cahyawati mengajak siswa yang berada di Aula FH UMJ untuk tidak ragu memilih FH UMJ sebagai tempat untuk melanjutkan studi. Apalagi saat ini FH UMJ sudah terakreditasi unggul dan memiliki prospek kerja yang sangat luas.

Lebih lanjut, Dosen sekaligus alumni FH UMJ, Tubagus Heru Dharmawijaya, SH., MH., menegaskan lulusan PTS tidak kalah dengan lulusan PTN, karena yang bersaing bukan hanya almamater melainkan kepintaran dan kemampuan daya pikir. “Yang dituntut dalam dunia pekerjaan adalah softskill diantaranya yang berkaitan dengan public speaking dan leadership. Lulusan FH tidak terbatas hanya sebagai lawyer, semua elemen pekerjaan pasti membutuhkan sarjana hukum,” Pungkas Bagus.

Seusai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan fakultas tour oleh siswa SMAN 8 Tangsel.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/