UMJ Jadi Tuan Rumah ICONZ ke-7

Oleh :
Dinar Meidiana
UMJ Jadi Tuan Rumah ICONZ ke-7
Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., menyampaikan sambutan dalam ICONZ ke 7 di Aula KH. A Azhar Basyir, Gedung Cendekia, Selasa (07/11/2023). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi tuan rumah International Conference of Zakat (ICONZ) ke-7 yang merupakan gelaran rutin Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI). Pembukaan konferensi international ini digelar di Aula KH. A. Azhar Basyir, Selasa (07/11/2023).

Baca juga : UMJ Akan Menjadi Tuan Rumah International Coference of Zakat Ke-7

Rektor UMJ Prof. Ma’mun Murod, M.Si saat membuka acara, menyambut baik kegiatan ICONZ ke-7. Ma’mun mengungkapkan apresiasinya kepada BAZNAS RI yang telah memberikan kesempatan bagi UMJ khususnya Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Agama Islam (FAI) menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya.

Wali Kota Tangerang Selatan Drs. Benyamin Davnie yang hadir dan memberikan sambutannya, juga mengapresiasi adanya kegiatan konferensi international ini. Benyamin yang merupakan Anggota Badan Pembina Harian UMJ ini memberikan gambaran pelaksanaan zakat di Kota Tangerang Selatan yang berfokus pada misi yang ada dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Beberapa program inisiasi Pemkot Tangsel yang berkoordinasi dengan BAZNAS Tangsel di antaranya pemberdayaan disabilitas, bantuan kebencanaan, peningkatan gizi anak, pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak, serta pemberdayaan ekonomi.

Lebih lanjut, Benyamin menyampaikan bahwa konferensi yang digelar atas kerja sama antara BAZNAS RIm UMJ, Institut Ilmu Qu’an, Universitas Pancasila, dan Universitas Islam Asy-Syafi’iyah ini memiliki peran krusial. Menurutnya seluruh stakeholder yang terlibat dapat saling berbagi pengetahuan dan berharap dapat melanjutkan kerja sama sejenis untuk penggunaan dan zakat khususnya di Tangsel.

ICONZ ke-7 terselenggara berkat kerjasama BAZNAS RI, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Institut Ilmu Qur’an, Universitas Islam Asy-Syafi’iyyah dan Universitas Pancasila mengusung tema Building Bridges to Economic Prosperity: Zakat’s Role in Driving Inclusive and Sustainable Transformation diikuti oleh lebih dari 1000 peserta yang merupakan mahasiswa dan dosen Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Pada sesi pertama di hari pertama, peserta akan mengikuti seminar yang menghadirkan pejabat pemerintah yaitu Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenko Perekonomian, Dirjen Pembangunan Ekonomi dan Investasi Desa, Kementeritan PUPR, BAPPENAS, BRIN, dan OJK.

Turut hadir dalam pembukaan ICONZ ke-7 Wakil Ketua BAZNAS DKI Jakarta Rini Suprihartini, SE., M.Si., Rektor IIQ Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH., M.Hum., Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M.Si., FCBArb., Rektor Universitas Islam Asy-Syafi’iyah Dr. Masduki Ahmad, MM, para wakil rektor dan dekan UMJ.

Konferensi berisi serangkaian kegiatan seminar yang akan diisi oleh akademisi, praktisi, dan pejabat pemerintah dari berbagai negara di antaranya Indonesia, Malaysia, Nigeria, dan Amerika Serikat. ICONZ ke-7 hari pertama diakhiri dengan Gala Dinner yang bertempat di Kantor Wali Kota Tangerang Selatan.

Turut hadir Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., Wakil Rektor III Dr. Rini Fatma Kartika, M.H., Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, MH., serta Ketua BAZNAS Prov DKI Jakarta Dr. Akhmad H. Abubakar. Pada kesempatan itu UMJ dan seluruh perguruan tinggi mitra ICONZ menerima cendera mata dari BAZNAS RI.

Diketahui ICONZ ke-7 menjaring kurang lebih 1000 makalah dari berbagai universitas di seluruh Indonesia dan lebih dari 100 makalah akan diseminasikan. Konferensi akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu, 8 November 2023.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/