UMJ Berikan Beasiswa Kepada Mahasiswa Internasional

Oleh :
Fazri Maulana
UMJ Berikan Beasiswa Kepada Mahasiswa Internasional
Mahasiswa Internasional saat program pembelajaran bahasa Indonesia di Gedung Rektorat lantai 4, Jumat (22/9/23). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional (KKUI) memberikan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Beasiswa itu nantinya diberikan kepada 37 mahasiswa asing, untuk saat ini sudah ada 16 mahasiswa yang bergabung diantaranya berasal dari Yaman, Tajikistan, Turkmenistan, serta Kirgizstan.

Baca juga : Mahasiswa UMJ Lakukan Benchmarking Dalam KKN Internasional

Mahasiswa internasional itu mengambil jenjang pendidikan S1 hingga S3 yang tersebar di beberapa fakultas, antara lain Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). UMJ telah menjalin banyak kerjasama dengan banyak universitas ternama di dunia dan rutin untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing.

KKUI bertanggung jawab dalam mengatur perjanjian kerjasama akademik antara UMJ dengan lembaga lainnya, baik pendidikan, instansi pemerintah, hingga industri baik di dalam dan luar negeri. Kepala KKUI, Endang Zakaria menyampaikan bahwa pemberian beasiswa merupakan salah satu langkah dalam menyebarkan dakwah Muhammadiyah serta UMJ ke dunia internasional.

“Tujuan kita itu untuk menyebarkan dakwah Islam khususnya dakwah Muhammadiyah kepada mereka. Bagaimana kita bisa menimbulkan kecintaan mereka terhadap Muhammadiyah, dengan memberikan mereka peluang untuk kuliah gratis di UMJ,” ungkap Endang saat ditemui di ruang KKUI, Jumat (22/9/23).

UMJ memberikan fasilitas beasiswa berupa biaya kuliah, asrama, biaya visa, dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). Tidak hanya itu, untuk menunjang pembelajaran bagi mahasiswa internasional, UMJ memberikan fasilitas program belajar bahasa Indonesia.  Program tersebut diawasi langsung oleh Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional (KKUI) UMJ.

Jasur, asal Turkmenistan, mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Teknologi Informatika FIP UMJ. Ia menuturkan bahwa UMJ merupakan salah satu kampus islam terbaik di Indonesia yang direkomendasikan. Tentu, ia ingin mendapatkan pembelajaran yang terbaik.

 “Dengan berkuliah disini, saya tau akan mendapatkan fasilitas pembelajaran yang terbaik. Saya berharap bisa terus mengasah kemampuan di bidang yang saya pilih. Terlebih lagi, saya juga kedepan ingin mendapatkan peluang untuk meningkatkan kemampuan salah satunya bekerja di Indonesia,” ucap Jasur.

Editor : Dian

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/