PSM UMJ Sabet 2 Kategori Lomba Solo Vokal

Oleh :
Nadiva Rahma

Tiga anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (PSM UMJ) berhasil menyabet dua kategori lomba Solo Vokal dalam Festival Nusantara Ekspresi Budaya dan Aksi yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nusantara, Sabtu, (2/12/2023).

Baca juga : Rektor UMJ Berikan Penghargaan Kepada Pemenang Lomba PENSIL MTQ UMJ 2023

Ketiga anggota PSM UMJ tersebut diantaranya Siti Mardhatilla, mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam FAI UMJ yang meraih Juara 1 pada kategori Dangdut Solo, Diva Rekanta, mahasiswa Prodi Agroteknologi Ftan UMJ, Juara 2 pada kategori Dangdut Solo, dan Harum Trimurti Zamzam, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FIP UMJ, Juara 1 pada kategori Pop Solo.

Saat diwawancarai, Mardha mengaku bersyukur dan bangga bisa membawa nama baik UMJ di ajang lomba menyanyi dangdut solo untuk yang kedua kalinya. “Menurut saya ini sesuatu hal yang membuat saya bangga sekali bisa membawa nama almamater UMJ. Harapannya kedepan ada regenerasi yang bisa membawakan lagu dangdut dan UMJ bisa mengadakan lomba seperti ini. Pesan saya jangan memandang sebelah mata genre dangdut, karena genre dangdut sudah mendunia hingga ke mancanegara,” ungkap Mardha.

Mardha menjelaskan, dalam perlombaan Solo Vocal yang diikutinya, ia mendapatkan 10 pilihan lagu. Lantas ia membawakan lagu dari album Rhoma Irama yang berjudul Jera. Menurutnya, memilih lagu dengan tingkat kesulitan yang tinggi akan menjadi nilai lebih sekaligus menjadi tantangan tersendiri baginya.  

Sebelum mengikuti perlombaan, Mardha bersama rekan PSM UMJ yang juga mengikuti lomba mempersiapkannya secara matang dengan giat berlatih. Selama itu pula mereka dibimbing oleh pihak kemahasiswaan, yakni Pak Ghofur, Pak Balad, dan Pak Fawaz. Tidak hanya itu, Ia bersama rekannya juga mendapat dukungan penuh dari dekan dan dosen di lingkungan fakultas.

Selaras dengan yang disampaikan Mardha, Diva berharap dapat turut serta di perlombaan selanjutnya dan didukung penuh oleh universitas. “Semoga genre dangdut bisa lebih didukung oleh universitas karena musik dangdut adalah salah satu ciri khas dari Indonesia yang semua bisa bernyanyi. Semoga ada penerus dari UMJ yang bisa mengenalkan musik dangdut kepada mahasiswa UMJ,” Ujar Diva.

Pada kesempatan yang sama, Harum berharap bisa lebih mendalami lagi dunia tarik suara. “Saya berharap akan lebih banyak lagi sosialisasi serta dukungan penuh mengenai lomba-lomba seperti ini untuk mahasiswa. Senang bisa membawa nama UMJ di kampus lain, namun besar pula harapan saya untuk UMJ bisa mengadakan lomba besar antar kampus, sehingga bakat mahasiswa dapat tersalurkan dengan baik,” Pungkas Harum.

Editor : Dian Fauzalia

https://simlppm.untan.ac.id/vendor/terbaik-2024/https://lentera.uin-alauddin.ac.id/question/gratis-terlengkap/https://old-elearning.uad.ac.id/gampang-menang/https://fk.ilearn.unand.ac.id/demo/http://ti.lab.gunadarma.ac.id/jobe/system/https://elearning.uika-bogor.ac.id/tanpa-potongan/https://silayar.ut.ac.id/demo/https://besadu.belitung.go.id/css/https://silayar.ut.ac.id/course/terbaik-terpercaya/https://jdih-dprd.sumedangkab.go.id/system/https://alumni.fhukum.unpatti.ac.id/app/https://siswa.dpuair.jatimprov.go.id/tests/demo/