Generasi Muda Punya Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Oleh :
Fazri dan Qithfirul Fahmi
Dosen Public Relations FISIP UMJ sekaligus Kepala Kantor Sekretariat Universitas (KSU) UMJ Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., saat berdiskusi bersama mahasiswa UPJ dalam seminar nasional bertajuk Empowering Urban Synergy For Future Growth di Aula UPJ Gedung B,
Dosen Public Relations FISIP UMJ sekaligus Kepala Kantor Sekretariat Universitas (KSU) UMJ Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., saat berdiskusi bersama mahasiswa UPJ dalam seminar nasional bertajuk Empowering Urban Synergy For Future Growth di Aula UPJ Gedung B,Lantai 3, Rabu (5/6/2024).

Generasi muda harus mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan. Peran ini bisa dilakukan dengan melakukan strategi komunikasi untuk bisa memperluas dan mengangkat isu lingkungan lebih luas di masyarakat.

Baca juga : Isu Lingkungan Jadi Agenda World Social Work Day 2024

Hal tersebut disampaikan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Anindita Nasya Kurniawan usai mengikuti seminar nasional bertajuk Empowering Urban Synergy For Future Growth di Aula UPJ Gedung B Lantai 3, Rabu (5/6/2024).

“Isu lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua. Kita harus bisa mengedukasi media-media agar bisa lebih berdampak di masyarakat,” ungkap Dita.

Menurutnya, mahasiswa Ilmu Komunikasi tidak hanya berfokus pada ruang lingkup media massa dan media sosial saja, tetapi juga penting memiliki pengetahuan dan wawasan bidang lain, salah satunya tentang lingkungan. “Melalui seminar ini saya mengetahui cakupan ilmu komunikasi ternyata lebih luas lagi,” pungkas Dita.

Pada kesempatan yang sama, Dosen Ilmu Komunikasi UPJ Fasya Syifa Mutma, M.I.Kom., mengatakan, mahasiswa dapat berperan dengan menggaungkan ajakan untuk menjaga lingkungan baik secara langsung atau melalui media sosial, website, dan sebagainya.

“Generasi muda harus ikut berkolaborasi dengan berbagai pihak baik pemerintah, organisasi lingkungan, NGO, dan lain-lain, untuk sama-sama membantu menjaga kelayak hunian kota dan kualitas lingkungan hidup,” tutur Dosen Mata Kuliah Manajemen Acara ini.

Ia menambahkan jika bukan generasi muda yang menjaga kemungkinan tidak akan bisa hidup lagi di bumi ini dengan keadaan yang baik. “Jadi, memang kolaborasi dan sinergi antar berbagai pihak untuk menjaga lingkungan dan berkontribusi terhadap segala pengembangan kota yang ramah lingkungan adalah suatu hal penting,” tutup Fasya.

Kuliah umum ini menghadirkan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relations Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) sekaligus Kepala Kantor Sekretariat Universitas (KSU) UMJ Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., Ketua LPPM dan Dosen UPJ Assoc. Prof. Dr. Edi Purwanto, S.E., M.M., M.M.T., M.H., serta CEO Enable Project Aie Natasha, BSc., CSMP.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Communication in The Future (CORE UPJ) yang beranggotakan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UPJ. Agenda seminar nasional merupakan bagian dari penilaian mata kuliah Manajemen Acara.

Editor: Dinar Meidiana

id_IDIndonesian