Pendidikan Agama Islam FAI UMJ Raih Predikat Prodi dengan Inovasi Kurikulum Terbaik

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Kaprodi PAI FAI UMJ Adlan Fauzi Lubis, M.Pd.I. (paling kiri) pada pagelaran Musyawarah Nasional (Munas) Perkumpulan Prodi PAI Indonesia (PPPAII) di Hotel Mercure, Bengkulu, 22-24 Mei 2024.
Kaprodi PAI FAI UMJ Adlan Fauzi Lubis, M.Pd.I. (paling kiri) pada pagelaran Musyawarah Nasional (Munas) Perkumpulan Prodi PAI Indonesia (PPPAII) di Hotel Mercure, Bengkulu, 22-24 Mei 2024. (Foto : Dok.Pribadi)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (PAI FAI UMJ) meraih predikat Prodi dengan Inovasi Kurikulum Terbaik pada pagelaran Musyawarah Nasional (Munas) Perkumpulan Prodi PAI Indonesia (PPPAII) di Hotel Mercure, Bengkulu, 22-24 Mei 2024.

Baca juga : Mahasiswa PAI FAI UMJ Laksanakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di LPKA Tangerang

Kaprodi PAI FAI UMJ Adlan Fauzi Lubis, M.Pd.I. menyampaikan rasa terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan PPPAII. “Tentu penghargaan ini sangat berarti bagi pengelola Prodi untuk meningkatkan kualitas dan akreditasi,” ujarnya saat berkunjung ke Munas PPPAII 2024 bersama Wakil Dekan I FAI UMJ Busahdiar, S.Pd.I., MA.

Adlan menjelaskan pertemuan Munas PPPAII yang digelar bersamaan dengan Annual International Conference on Islamic Religious Education (AICIRE) 2024, sangat bermanfaat bagi kemajuan Prodi. “Pertemuan ini menjadi wadah bagi pengelola Prodi untuk saling memberikan informasi terkait akreditasi dan perkembangan Prodi PAI ke depannya,” Tutur Adlan

Adlan berharap kegiatan PPPAII tidak hanya dilaksanakan di dalam negeri saja, tetapi juga dilaksanakan di luar negeri yang dibarengi dengan kegiatan tridarma perguruan tinggi. Munas PPPAII ini pun dimanfaatkan Kaprodi dan Sekprodi yang hadir untuk berkolaborasi, baik MoU ataupun MoA.

Perhelatan Munas PPPAII 2024 tersebut diikuti oleh 128 peserta dari Prodi PAI se-Indonesia dan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun ini, agenda diawali dengan serangkaian lomba bagi mahasiswa PAI nasional pada November 2023 hingga Februari 2024.

PPPAII kemudian dilanjutkan dengan AICIRE yang menghadirkan narasumber dari berbagai negara yaitu Indonesia, Finlandia, dan India. Acara ditutup dengan sesi Sharing Manajemen Prodi.

Editor: Dinar Meidiana