Mahasiswa UMJ Siap Ikuti National University Debating Championship

Oleh :
Fazri Maulana

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menetapkan 3 mahasiswa untuk mengikuti Kompetisi National University Debating Championship (NUDC) diikuti Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia. Hal ini berdasarkan pengumuman hasil penilaian yang telah dilakukan oleh Juri Seleksi NUDC UMJ, Jumat (5/4/2024).

Baca juga : FEB dan FH UMJ Juara Lomba Debat Ilmiah

NUDC merupakan kompetisi debat Bahasa Inggris antar Perguruan Tinggi tingkat Nasional diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2008 dan menghasilkan delegasi Indonesia untuk World Universities Debating Championship (WUDC).

Ketiga mahasiswa terpilih yaitu Allisya Amri Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), M. Rijalul Fikri Al-Amin Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Shofiyyah Prodi Kebidanan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK).

Koordinator NUDC UMJ Zaitun, M.Pd., menyampaikan bahwa dewan juri telah melakukan seleksi dari 13 peserta yang mendaftar. Kemudian, terpilih 3 terbaik yang akan mewakili UMJ mengikuti tahapan seleksi ditingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III dan Nasional.

Lebih Lanjut, Zaitun menjelaskan bahwa ketiga mahasiswa akan melalui tahapan selanjutnya yaitu Coaching. Coaching dilakukan dengan dosen pembimbing dan mahasiswa yang telah mengikuti NUDC pada gelaran sebelumnya.

Ia juga berharap pada kompetisi NUDC 2024, Universitas Muhammadiyah Jakarta dapat maksimal sehingga bisa lolos pada tingkat Wilayah maupun Nasional.

“Kita sudah mempersiapkan semuanya dan akan segera melakukan pendampingan untuk ketiga mahasiswa yang telah lolos seleksi internal,” ungkap Zaitun saat dimintai keterangan melalui pesan singkat.

Allisya Amri Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang terpilih menjadi terbaik I, mengaku senang menjadi wakil UMJ untuk mengikuti kompetisi debat NUDC 2024. Ia bercerita bahwa mengikuti NUDC merupakan cita-citanya sejak SMA, meskipun sudah pernah mengikuti beberapa perlombaan debat ini menjadi kompetisi bergengsi pertamanya.

Allisya mengungkapkan bahwa ia memiliki target untuk lolos tingkat Wilayah dan Nasional sehingga tidak hanya mewakili UMJ, tetapi juga Indonesia dalam World Universities Debating Championship (WUDC).

“Kita akan berusaha yang terbaik, tentu kita harus banyak latihan salah satunya membangun chemistry, karena persaingannya cukup ketat,” ungkap Allisya.

M. Rijalul Fikri dan Shofiyyah ikut mengungkapkan rasa bahagianya terpilih mewakili UMJ diajang NUDC. Keduanya menambahkan, selain membangun kekompakan, belajar mengikuti topik perkembangan dalam dunia internasional juga menjadi strategi utama dalam persiapan NUDC 2024.

Pelaksanaan kompetisi tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III akan bergulir pada 10 hingga 14 Mei 2024 dan Nasional pada 26 Mei sampai 2 Juni 2024.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/