Mahasiswa UMJ Hadiri Peringatan 75 Tahun RI-Amerika Serikat

Oleh :
Asep Setiawan
Mahasiswa UMJ Hadiri Peringatan 75 Tahun RI-Amerika Serikat
Dr. Asep Setiawan (kiri paling bawah), Dr. Imam Muhtadin (ketiga paling bawah) serta mahasiswa UMJ saat menghadiri peringatan 75 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat di Pacific Place Mall, Jakarta hari Rabu (06/03/2024). (Foto : Dok.Pribadi)

Mahasiswa dari Prodi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta diundang hadir dalam peringatan 75 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat di Pacific Place Mall, Jakarta hari Rabu (06/03/2024).

Baca juga : Dosen UMJ: Artificial Intelligence Ancam Kebebasan Pers

Kehadiran sekitar 80 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta merupakan bagian dari upaya meningkatkan wawasan mahasiswa dalam kerjasama internasional di berbagai bidang. Mahasiswa ini datang ke kantor @america, the American Center of the Embassy of the United States in Jakarta untuk mengikuti acara yang bertema “75 Years Together: Diversity. Democracy. Prosperity.”. Dosen yang hadir mendampingi para mahasiswa ini antara lain Dr. Asep Setiawan dari FISIP UMJ dan Dr. Imam Muhtadin, Wakil Dekan III FEB UMJ.

Acara dibuka dengan pengantar dari Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri RI Umar Hadi. Dalam pesannya Umar Hadi menekankan bahwa hubungan kedua negara sudah berlangsung lama dan bahkan sekarang memiliki kemitraan strategis  yang meliputi berbagai aspek. Umar Hadi juga menjelaskan bahwa “AS dan Indonesia menegaskan kembali kemitraan dan dedikasi berkelanjutan kedua negara untuk mendorong dunia di mana keberagaman dirayakan, demokrasi dijunjung tinggi, dan kemakmuran dimiliki oleh semua orang.”

Setelah dibuka, acara diisi diskusi panel dengan pembicara Kepala Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri RI Yayan Ganda Hayat Mulyana, Melissa Brown, Deputy Assistant Secretary, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat dan selebriti Cinta Laura Kiehl.

Umar Hadi (Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu RI),  Yayan Ganda Hayat Mulyana (Kepala Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri Kemenlu RI), Melissa Brown (Deputy Assistant Secretary, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat) dan Cinta Laura Kiehl (selebriti), usai acara diskusi panel di Pacific Place Mall, Jakarta hari Rabu (06/03/2024). (Foto :Dok.Pribadi)

Dalam diskusi dibahas pentingnya hubungan bilateral Amerika Serikat dan Indonesia. Melissa menjelaskan bahwa Amerika Serikat terus meningkatkan kemitraan yang berakar pada nilai-nilai bersama, mendukung stabilitas dan kemakmuran yang luas. Dikatakan, ada banyak hal yang dapat dicapai bersama sebagai dua negara demokrasi dengan keberagaman, menciptakan masa depan yang sejahtera bagi generasi mendatang masyarakat Indonesia dan Amerika.

Sedangkan Yayan Mulyana menjelaskan Amerika Serikat dan Indonesia kini memiliki kemitraan strategis dan komprehensif, yang dibangun atas dasar saling menghormati dan komitmen terhadap kerja sama timbal balik yang tidak hanya mencakup kedua negara tetapi juga kawasan, termasuk Asia Tenggara dan Indo-Pasifik.

Dalam sesi tanya jawab Mahasiswa Ilmu Politik Mutia Alifia menanyakan tentang hubungan Amerika Serikat – Indonesia yang lebih menguntungkan Amerika Serikat. Panelis dalam diskusi baik Yayan maupun Melisa sepakat bahwa hubungan dua negara tetap akan berlanjut dan dikembangkan dan segala tantangan akan dihadapi agar hubungan ini saling menguntungkan.

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/