Pemenang Dana Hibah LPPM UMJ Gelar Pengmas di Desa Bojong Kulur

Oleh :
Nadiva Rahma
pelaksanaan program pengabdian masyarakat
Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat di Desa Bojong Kulur Gunung Putri, Bogor, Selasa, (17/10/2023)

Dr. Hj. Zulfitria Zaidir, M.Pd., Dr. Munaya Fauziah, M.Kes., dan Ummi Sabil merupakan salah satu tim yang terpilih sebagai pemenang dana hibah untuk program pengabdian kepada masyarakat (Pengmas) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPPM UMJ). Acara ini dilaksanakan di Mesjid Al Fath Vila Nusa Indah, Desa Bojong Kulur Gunung Putri Bogor, pada Selasa, (17/10/2023).

Baca juga : LPPM Gelar Workshop Proposal Penelitian Dosen

Sebagai Ketua Pengmas Dr. Hj. Zulfitria Zaidir, M.Pd, memberikan kajian parenting dengan tema “Edukasi Kesehatan Islami dan Pendidikan Keluarga untuk Mencegah Stunting pada Anak” dan dipandu oleh Ketua Prodi FKM UMJ, Dr. Ernyasih, MKM, selaku pembawa acara. Ummi Sabil yang berprofesi sebagai praktisi herbal, memberikan materi tentang pengayaan edukasi kesehatan islami dan dilanjutkan oleh dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UMJ, Dr. Munaya Fauziah, M.Kes., memaparkan mengenai pendidikan keluarga untuk pencegahan stunting.

Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak seperti tinggi badan anak lebih pendek dari standar usianya. Stunting juga dapat disebabkan oleh faktor lain diantaranya kurangnya Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif yang diberikan pada anak dan makanan pendamping ASI yang kurang cukup dan berkualitas.

Selain kajian parenting, acara turut dimeriahkan dengan event bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat Desa Bojong Kulur. Seluruh masyarakat tampak antusias menjual barang dagangan miliknya. Turut hadir Ketua PKK Desa Bojong Kulur Gunung Putri Bogor, Ambar Retnowati, S.Pd.I., Dosen Fakultas Agama Islam UMJ, Ustad Dr. Zainal Arif, Lc. MA., dan masyarakat di lingkungan sekitar.

Editor : Dian Fauzalia