Ratusan Siswa SD se-Jabodetabek Ikuti Kejuaraan Athletic Kids di UMJ

Oleh :
Dinar Meidiana
Kejuaraan Athletic Kids di UMJ
Siswa SD peserta cabang lomba formula 1 di Stadion UMJ, Rabu (24/05/2023).

Ratusan siswa Sekolah Dasar se-Jabodetabek penuhi Stadion Universitas Muhammadiyah Jakarta untuk mengikuti Kejuaraan Athletic Kids, Rabu (24/05/2023). Sebanyak 180 peserta yang merupakan kelas 4-5 SD ini mengikuti lomba yang terdiri dari tiga cabang lomba yaitu sprint 60m, kanga escape, dan formula 1.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Sport Education Festival ini mendapat apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan serta Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Tangerang Selatan.

Baca juga : HIMATIKA FIP UMJ Gelar Kompetisi Matematika Antar SMA Se-Jabodetabek

Dalam sambutannya, Ketua Disdik yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Satyan, M.Pd., mengapresiasi Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai penyelenggara. “Kegiatan ini menjadi bagian dari kurikulum merdeka. Melalui kegiatan seperti ini, bakat dan prestasi siswa terus diasah dan ditingkatkan,” kata Satyan.

Ia juga mendorong kolaborasi POR FIP UMJ dengan Disdik sehingga dapat mengembangkan pendidikan olahraga dan mengasah bibit-bibit atlet agar dapat berkembang hingga tingkat nasional bahkan internasional.

Ketua PASI Tangsel Drs. Gatot Sukartono, M.Or., mengatakan, “Saya merasa bangga dan berterima kasih pada POR FIP UMJ yang turut dalam mengembangkan olahraga atletik. Sebisa mungkin setiap tahun diselenggarakan yang skupnya lebih luas hingga nasional. Selain untuk mempromosikan UMJ, juga mempromosikan atletik di kalangan pelajar.”

Antusiasme peserta terlihat dengan semangatnya yang tidak habis dari awal perlombaan hingga pembagian trofi bagi pemenang. Antusiasme tersebut menjadi dorongan bagi FIP UMJ untuk menggelar kegiatan positif yang sejenis.

Dosen pembina kegiatan Dr. Taufik Yudi Mulyanto, M.Pd., mengatakan, “Antusiasme sangat luar biasa. Kami jadi terpanggil, tertuntut serta tertantang untuk bisa memberikan yang terbaik. Mereka generasi emas harus dibekali baik pendidikan akademik dan non-akadamik. Apalagi ini merupakan bagian dari pembiasaan mereka agar berkompetisi.”

Kejuaraan Athletic Kids di Stadion UMJ,
Kejuaraan Athletic Kids di Stadion UMJ, Rabu (24/05/2023).

Perlombaan atletik bagi siswa SD digelar bukan tanpa alasan. Pemilihan cabang olahraga telah melalui diskusi panjang yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen dan lembaga terkait. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Ketua pelaksana kegiatan Muhammad Hasan Fikri bahwa cabor atletik merupakan induknya olahraga.

Dengan mengadakan kejuaraan atletik ini, Hasan mewakili mahasiswa POR FIP UMJ berharap dapat menguatkan pendidikan olahraga mulai dari jenjang pendidikan paling bawah yaitu SD. “Kami juga mengimplementasikan longterm atlet development yaitu salah satu program dari Kemenpora dan Dinas Pemuda dan Olahraga,” ungkap Hasan.

Hadir menyambut para atlet cilik, Wakil Dekan III FIP UMJ Azmi Al-Bahij, M.Si., dan Ketua Prodi POR FIP UMJ Dr. Doby Putro Parlindungan, M.Pd. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, PASI, Dinas Pemuda dan Olahraga Tangsel, KONI Tangsel, dan KKGO (Kelompok Kerja Guru Olahraga) Tangsel.

Editor : Budiman