PDM dan PDA Tangsel Gelar Musyda ke-3 di UMJ

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Musyda 3 Tangerang selatan
Walikota Tangerang Selatan, Ketua PDM dan PDA pada Pembukaan Musyawarah Daerah PDM Tangsel di Gedung Cendekia, Minggu (21/05/2023).

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Tangerang Selatan menggelar Musyawarah Daerah ( Musyda Tangsel ) ke-III di Auditorium KH. Azhar Basyir, Gedung Cendekia Center Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Kegiatan yang bertemakan “Mensyi’arkan Islam Berkemajuan, Memajukan Kota Tangerang Selatan” ini diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Ahad, (20-21/05/2023).

Acara dibuka oleh Walikota Tangerang Selatan, Drs. Benyamin Davnie, bersama dengan ketua PDM Tangsel, Muhrowi, S.Pd., dan Ketua PDA Tangsel, Dra. Afni Rasyid, MH. Pada sambutannya, Benyamin menyebutkan bahwa dengan sistem yang sudah baku, Muhammadiyah selalu mengimplementasikan nilai-nilai pancasila sebagai landasan filosofi.

“Musyawarah daerah menjadi wujud nyata dari sila ke-4 Pancasila. Setiap proses musyda berjalan secara harmoni melalui sistem seleksi kandidat yang akan menghasilkan kepengurusan dengan kredibilitas yang tinggi. Inilah sejatinya demokrasi. Demokrasi di Indonesia harus belajar dari demokrasi Muhammadiyah,” tutur Benyamin.

Musyda 3 Tangerang selatan
Suasana Pembukaan Musyawarah Daerah PDM Tangsel di Gedung Cendekia, Minggu (21/05/2023).

Turut hadir secara daring, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Ma’mun Murod, M.Si. memberikan ucapan selamat atas terlaksananya Musyda III Muhammadiyah kota Tangsel di UMJ.

“Melalui Musyda ke-3 ini semoga akan menghasilkan kepemimpinan baru di Muhammadiyah maupun Aisyiyah yang lebih berkemajuan, mampu mewarnai dakwah islam, dan dapat membantu program pemerintah yang bermaslahat untuk umat dan kota Tangerang Selatan,” ujar Ma’mun.

Pada hari Sabtu (20/5/2023), dilakukan seleksi 79 calon pimpinan yang kemudian mengerucut menjadi 39 calon pimpinan yang akan menduduki kepengurusan di periode mendatang. Ke-39 calon ini diseleksi kembali menggunakan sistem e-voting menjadi 13 calon pimpinan sebagaimana yang disampaikan Ketua PDM Tangsel, Muhrowi, S.Pd. dalam sambutannya.

Musyawarah daerah merupakan bagian rangka kunci kepemimpinan Muhammadiyah yang diadakan setiap lima tahun sekali. Kegiatan ini penting dilakukan untuk memastikan estafet kepemimpinan dari satu generasi atau satu periode ke periode lain dengan kepemimpinan yang tepat dan sesuai cita-cita Pimpinan Daerah Muhammadiyah.

Hadir dalam acara, Wakil Rektor III UMJ, Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., Dekan FEB UMJ Dr. Luqman Hakim S.E., M.Si., Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang, Dr. Ahmad Amrullah, M.Pd, ketua pimpinan wilayah Muhammadiyah kota Jakarta dan kota Banten, pimpinan ormas Islam di Tangerang Selatan, juga seluruh anggota Muhammadiyah dan Aisyiyah Tangerang Selatan.

13 Formatur PDM Tangsel yang berhasil meraih suara terbanyak pada e-voting yaitu Dr. Muhtarom, SE., MM., Dr. Heri Kustanto, MM., Drs. Kosep Mulyadi, M.Pd., Drs. Syamsudin Dasan, MA., Muhrowi, S.Pd., Drs. M. Nashir Syah, SH., Zaky Anshari, SE., MM., Masruri, S.I.Kom., Drs. Datum Hadi Saputro., Prof. Dr. Masri Mansoer, MA., Hari Eko Purwanto, M.I.Kom (Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMJ), Abdul Wahid, SE., dan Deny Asmara, S.Pd.

Editor : Tria Patrianti