IMM FIP UMJ Orientasikan Program Sosial di Ciputat

penyerahan hadiah lomba pada kegiatan RTL IMM FIP UMJ, bertempat Masjid Kp. Gunung Jombang, Ciputat. Selasa (24/1).

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (IMM FIP UMJ) mengorientasikan program sosial di Ciputat dalam rangka Rencana Tindak Lanjut (RTL). Program tersebut merupakan kegiatan kader IMM yang telah selesai melakukan perkaderan dasar atau Darul Arqam Dasar (DAD). Rangkaian program sosial dilaksanakan sejak 18-21 Januari 2023 tepatnya di Jalan Kampung Gunung Jombang, Ciputat.

Rangkaian program terdiri dari kegiatan bimbingan belajar dan seminar. Program ditutup dengan acara puncak yang dilaksanakan di Masjid Masjid Kp. Gunung Jombang, Ciputat pada Selasa (24/1). Mengusung tema kegiatan “Beraksi Sepenuh Hati, Berbagi Setulus Hati,” kader IMM FIP UMJ berikan santunan pada anak yatim, janda dan dhuafa, serta pemberian sound system kepada masyarakat Jombang.

Dalam rangka memeriahkan agenda tahunan RTL pasca DAD, IMM FIP UMJ menggelar Studium Generale “Gender Sebagai Upaya Membangun Relasi Kemanusiaan” sebagai pembuka pada kegiatan tersebut. Selain itu, serangkaian kegiatan pun dilakukan oleh kader IMM 2022 selama empat hari Rabu- Sabtu, 18-21 Januari 2023. Seperti, mengajar Bahasa Inggris, Matematika, Latihan pentas seni (Puisi, Nasyid, Tari Bora) anak-anak TK/SD hingga santuan duafa.

Pimpinan Cabang IMM Cirendeu, Asyraf Alfaruqi, S.Sos. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan RTL yang diadakan oleh komisariat IMM FIP UMJ untuk selalu mendapat perhatian lebih baik dari pihak universitas maupun masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, Asyraf juga mengatakan bahwa kegiatan sosial ini harus terus diabadikan lewat tulisan agar tidak hilang tertelan badai.

Selain itu, ketua umum IMM FIP UMJ Dedi Mursadi dalam sambutannya mengatakan bahwa konsep pada kegiatan RTL kali ini dirancang berbeda dimana banyak kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar serta anak-anak kampung Gunung Jombang.

“Alhamdulillah pada tahun ini merupakan kegiatan RTL yang paling akbar karena selain melaksanakan kegiatan rutin yaitu mengajar, kali ini kami membuat konsep yang berbeda yakni dengan mengadakan seminar, membuat gang cantik di Jalan Gang Taqwa, santunan anak yatim, janda, dan dhuafa, serta pemberian sound system untuk masyarakat Jombang.” Jelas Dedi

Sesi foto bersama sekaligus penyerahan hadiah lomba kepada peserta bertempat Masjid Kp. Gunung Jombang, Selasa (24/1).

Kegiatan mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat pun berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh Pimpinan IMM Cabang Cirendeu, Ketua Umum Pimpinan Komisariat IMM FIP UMJ, RT, dan RW. Ketua Rukun Warga (RW) Rusdi Rusdiadi menyampaikan rasa terima kasih kepada kader IMM FIP UMJ yang telah melaksanakan RTL di lingkungan Kampung Gunung Jombang. Dengan adanya program, masyarakat, terutama anak-anak dapat mengisi waktu dengan kegiatan positif.

Program RTL dilakukan sebagai bentuk implementasi dari tri kompetensi, teologi surat Al-Maun, dan slogan “Ilmu adalah amaliah, dan amal adalah ilmiah.” IMM lahir sebagai organisasi pergerakan mahasiswa Muhammadiyah yang bergerak dalam konteks tiga nilai ideologis yaitu intelektualitas, relegiusitas, dan humanitas. Hal tersebut merupakan identitas kader IMM yang menunjukan bahwa IMM adalah organisasi kader, pelopor, pelangsung, dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah dalam membangun generasi pemimpin masa depan kaum muda Muhammadiyah. (KH/KSU)