33 Dosen UMJ Siap Ikuti Join Riset Kelas Dunia

Oleh :
Raisha Noor
Foto bersama setelah penyamaan persepsi laporan akhir dan luaran program penelitian kolaborasi internasional (join riset) Universitas Muhammadiyah Jakarta, Senin (30/01).

Universitas Muhammadiyah Jakarta resmi tetapkan 33 dosen penerima program join riset internasional dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri. Hal ini tercantum dalam Surat Keputusan Rektor UMJ No. 27 tahun 2023. Program Join Riset internasional dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian sebagai salah satu catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah dan mendukung akreditasi UMJ menuju unggul.

Diantara para dosen yang menerima program riset internasional tersebut adalah Dosen Prodi Teknik Kimia UMJ, Prof. Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, M.Si., IPM, ASEAN, ENG yang melakukan secara perorangan dengan Universiti Malaysia Pahang. Terdapat tujuh tim peneliti lainnya yakni diantaranya tim pertama diketuai Herwina Bahar dengan beranggotakan Ahmad Suryadi, Saifu Bahri dan Yahaya Niwae bekerjasama dengan Fatoni University, Thailand Faculty of Education Islamic Study.

Baca Juga : 150 Dosen Ikuti Workshop Publikasi Ilmiah LPPM UMJ

Tim kedua diketuai oleh Muhammad Hadi dengan anggota tim Dhea Natashia, Nyimas Heny Purwati, Ai Maemunah dan Yanto Suryanto bekerjasama dengan Department of Nursing, National Cheng Kung University Taiwan. Tim ketiga diketuai oleh Ninik Yunitri yang beranggotakan Anita Apriliawati, Slametiningsih, Indra Sugiri dan Ricka Ardila Susanti bekerjasama dengan Taipei Medical University.

Tim keempat dengan ketua Ashadi beranggotakan Anisa, Yeptadian Sari, Raihan Nur Said dan Zainal Musthapha bekerjasama dengan Universiti Teknologi MARA Perak Branch. Tim Kelima dengan ketua Eva Herianti beranggotakan Dahlia Anggraini, Darto dan Ghina Rihadatul Ais berkejasama dengan Prince of Songkla University, Pattani Campus Thailand.

Tim enam dengan ketua Yani Sofiani dengan anggota Diana Irawati, Fitrian Rayasari, Agus Purnama dan Asri Narawangsa bekerjasama dengan Taipei Medical University. Dan tim terkahir dengan ketua Triana Srisantyorini beranggotakan Andriyani, Munaya Fauziah dan Adipatra Kenaro Wicaksana bekerjasama dengan Universiti Putra Malaysia.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMJ sebagai payung dari pelaksanaan program penelitian dosen mengadakan penyamaan persepsi dan penandatanganan kontrak join riset kepada para dosen yang bersangkutan, dilaksanakan di ruang rapat Gedung Rektorat lantai 3 pada Senin (30/01).

Acara dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kes. menyampaikan dengan adanya penetapan program dosen join riset ini menjadi tahap awal dalam reputasi penelitian nasional dan berharap dapat mendukung akreditasi UMJ menuju unggul. Selain itu dihadiri oleh Wakil Rektor II, Dr. Ir. Mutmainnah, MM. menyampaikan bahwa penelitian ini mudah-mudahan menjadi cikal bakal untuk tahun-tahun mendatang dan mendukung progam join riset dengan pembiayaan yang cukup, disamping itu ada beberapa manfaat dari penelitian, “dalam penelitian ini akan ada penelitian yang lebih berkualitas, publikasi yang bereputasi, mendapat MOU dan MOA lebih banyak, dan bisa juga ada pertukaran mahasiswa internasional,” ungkap Nina.

Penyamaan Persepsi Laporan akhir dan Luaran Program Penelitian Kolaborasi Internasional (Join Riset) Universitas Muhammadiyah Jakarta, di ruang rapat Gedung Rektorat lantai 3, pada Senin (30/01).

Ketua LPPM Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, ST., M.Si. menuturkan bahwa join riset merupakan kolaborasi antara UMJ dengan mitra kelas dunia, setelah adanya penelitian ini akan diikuti kegiatan lain seperti inviting professor, student execurtion dan juga pengabdian masyarakat. Penelitian ini menjadi awal dalam proses menuju unggul. Sebelumnya UMJ juga telah menjalankan penelitian berbasis pendanaan kemendibudristek. (RN/KSU)