FISIP UMJ Luluskan 390 Mahasiswa Tahun Akademik 2021/2022

Drs. H. Moh. Amin Tohari, M.Si. (Wakil Dekan I FISIP UMJ), Dr. Evi Satispi, M.Si. (Dekan FISIP UMJ), Dr. Ma’mun Murod, M.Si. (Rektor UMJ ), Djoni Gunanto, S.IP., M.Si. (Wakil Dekan II) dan Dr. Fal. Harmonis, M.Si. (Wakil Dekan III) saat acara belangsung, pada Jum’at (25/11).

Jumat (25/11), sebanyak 390 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ), melaksanakan kegiatan Yudisium program sarjana dan pasca sarjana semester genap tahun akademik 2021/2022. Rapat pleno yudisium FISIP UMJ resmi dibuka oleh Dr. Evi Satispi, M.Si., Dekan FISIP UMJ. Yudisium dihadiri oleh Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si. dan sivitas akademika FISIP UMJ. kegiatan berlangsung di Aula Kasman Singodimedjo.

Pada kesempatan tersebut, Evi menyampaikan bahwa kegiatan Yudisium pada periode dua tahun sebelumnya dilakukan secara online, sehingga Yudisium kali ini menjadi awal setelah masa pandemi. “Saya berharap kalian dapat melanjutkan jenjang Strata Dua di FISIP UMJ, Yudisium ini hanya awal untuk melangkah ke dunia pekerjaan yang lebih kompleks,” jelas Evi.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Drs. H. Moh. Amin Tohari, M.Si., Wakil Dekan I FISIP UMJ, sebanyak 390 berhasil lulus pada semester genap tahun akademik 2021/2022 dari enam program studi yakni Magister Ilmu Administrasi 18 mahasiswa, Magister Ilmu Komunikasi 43 mahasiswa, Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial 57 mahasiswa, Program Studi Administrasi Publik 62 mahasiswa, Program Studi Ilmu Politik 25 mahasiswa dan Program Studi Ilmu Komunikasi 185 mahasiswa. “Kriteria untuk mendapatkan yudisium terbaik yakni masa studi untuk Strata Satu adalah 8 semester, predikat lulus pujian, berkelakuan baik, bukan mahasiswa pindahan dan bukan kelas karyawan,” ucap Amin.

Mahasiswa FISIP UMJ saat acara yudisium, di Aula Kasman Singodimedjo, pada Jum’at (25/11).

Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengharapakan untuk mahasiswa FISIP menyelesaikan masa studi maksimal 4 tahun. “Pada hari ini, kalian telah nyatakan lulus sebagai alumni FISIP UMJ, carilah pekerjaan yang linier dengan ilmu yang telah didapat. Berikan salam saya untuk keluarga, teman dan saudara sekalian untuk berkuliah di UMJ,” tutur Ma’mun.

Salah satu perwakilan yudisium, Muhammad Sulaiman, menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh sivitas akademik UMJ karena telah banyak membantu proses belajar di perkuliahan sampai selesai. “Semoga langkah kita (mahasiswa) kedepannya langkah kita dimudahkan dan dapat kembali ke Muhammadiyah untuk memberikan kontribusi positif,” jelas Sulaiman.

Kegiatan berakhir dengan sesi penyerahan berkas Alumni dari Wakil Dekan III Dr. Fal. Harmonis, M.Si., kepada perwakilan alumni Djoni Gunanto, S.IP., M.Si., Djoni memberikan amanah untuk para alumni untuk selalu menjaga nama baik Muhammadiyah dan selalu optimis dan percaya bahwa kesuksesan dapat di capai setelah ini. Seluruh mahasiswa yang telah melakukan Yudisium saat ini akan menjadi bagian dari prosesi wisuda pada 29 November 2022. (MN/KSU)