Dosen dan Mahasiswa FKK UMJ Lakukan Penyuluhan Hepatitis Akut dan Pengobatan Gratis

Mahasiswa Kedokteran FKK UMJ Bakti Sosial
Mahasiswa Kedokteran FKK UMJ memberikan layanan pemeriksaan kesehatan (13/11)

Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) didampingi langsung oleh dosen yang berprofesi sebagai dokter spesialis, memberikan penyuluhan mengenai Hepatitis Akut dan layanan pemeriksaan serta pengobatan gratis di Pondok Pesantren Al-Fathonah Cirebon (13/11).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen dan Mahasiswa FKK UMJ kali ini bertema “Penyuluhan Hepatitis Akut dan Skrining Kesehatan sebagai Upaya Memutuskan Mata Rantai Penularan dan Meningkatkan Status Kesehatan Guru dan Murid di Pondok Pesantren Al-Fathonah Cirebon”.

Penyuluhan Hepatitis Akut FKK UMJ
Kegiatan penyuluhan tentang Hepatitis Akut di Pondok Pesantren Al-Fathonah (13/11)

Tim Pengabdian Masyarakat terdiri dari 4 dokter spesialis yaitu Dr. dr. Tri Ariguntar, Sp.PK yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Dokter FKK UMJ, Dr. dr. Rahmini Shabariah, Sp.PA, dr. Tri Wahyuni, Sp.PK, Dr. dr. Lailan Safina Nasution, M.Si.Med dan 1 orang Dosen Kesehatan Masyarakat Dr. Nurfadhillah, SKM.,MKM serta 3 orang Mahasiswa Kedokteran, Fida Alia Shabrina, Eveline Alya Raushan Dhamir, Ibrahim ditambah 5 orang tenaga kependidikan FKK UMJ.

Baca Juga : Dosen FKK UMJ Tinjau Kesiapan Tim Medis WSBK Mandalika

Dokter Tri Ariguntar menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat adalah program rutin yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dengan lokasi dan tema yang bervariasi. Pada kesempatan ini diambil tema mengenai Hepatitis karena sedang banyak dibicarakan jangan sampai informasi yang diterima masyarakat tidak akurat untuk itu perlu adanya penyuluhan kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Hepatitis Akut yang kasusnya masih sangat tinggi di Indonesia.

Sambutan positif dari ketua yayasan Pondok Pesantren Al-Fathonah yang diwakili oleh Amir Ibrahim SE dan Kepala Desa Kudukeras yang diwakili oleh Endi Kuswandi, serta juga guru dan murid, seluruh peserta hadir dengan menyimak penyuluhan yang dipaparkan oleh tim pengabdian masyarakat FKK UMJ terlebih membahas mengenai Hepatitis Akut. Lebih dari 100 orang menghadiri penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan di Pondok pesantren Al-Fathonah di Desa Kudukeras, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon.

Mahasiswi Kedokteran FKK UMJ melakukan pemeriksaan pada santri usia dini di Pondok Pesantren Al-Fathonah (13/11)

Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis juga banyak diminati, lebih dari 100 orang ikut diperiksa oleh Mahasiswa dan Dosen dokter yang kemudian diberikan obat secara cuma-cuma. Eveline, salah satu mahasiswa kedokteran yang ikut ambil bagian pemeriksaan kesehatan menyampaikan rasa haru dan bahagia karena bisa terjun langsung ke masyarakat, serta mendapat banyak pengalaman yang akan berguna dimasa mendatang saat sudah berprofesi dokter (BD/KSU).