Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, Naila Magda Robina (kedua dari kanan) pada sesi persiapan Expo di Dubai.

Saat memutuskan untuk merantau dari tempat kelahiran saya, Banjarmasin, ke Jakarta 2 tahun lalu, saya tidak pernah menyangka akan menemukan panggilan baru dalam hidup saya.

Allah telah menetapkan jalan hidup saya untuk berkuliah di Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Ketika memasuki semester 3, saya mengambil keputusan untuk membagi waktu antara kuliah dan mencari pengalaman kerja di sebuah perusahaan pengelola acara (event organizer) yang berfokus pada pengelolaan pameran dagang internasional.

Di perusahaan itu saya mencoba peruntungan sebagai praktisi PR bermodalkan pengetahuan yang saya peroleh dalam bidang Public Relations (PR), konsentrasi yang saya ambil di Prodi Ilmu Komunikasi.

Konsep-konsep yang diajarkan di ruang kuliah, seperti PR sebagai fungsi manajemen, kemampuan analisis situasi, dan kecakapan dalam manajemen isu, menjadi landasan utama  dalam berkomunikasi dengan rekan kerja dan klien. Bahkan pengetahuan tentang manajemen acara dapat langsung saya terapkan dalam pekerjaan saya saat ini.

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, Naila Magda Robina (kanan) saat menjadi person in charge (PIC) acara konferensi internasional yang diadakan oleh Kementrian Perindustrian RI di Dubai.
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, Naila Magda Robina saat menghadiri pameran dagang internasional di Dubai.

Dalam dunia PR, komunikasi yang efektif dan penanganan yang cermat terhadap situasi adalah kunci utama dalam mencapai tujuan. Saya coba menerapkan hal tersebut saat bekerja, karena sebelumnya sudah belajar tentang seni menghadapi klien, berkomunikasi dengan orang asing, bahkan berhubungan langsung dengan pemerintah.

Ketika berhadapan dengan klien dan pemerintahan saya mempraktekkan teknik lobi negosiasi, karena teknik lobi yang efektif dapat membantu membangun hubungan yang kuat dan memperoleh dukungan untuk tujuan yang ingin dicapai.

Melalui pendekatan yang diplomatis dan persuasif, saya bisa mengidentifikasi kepentingan dan kebutuhan klien, lalu menawarkan solusi yang sesuai dengan keinginan mereka.

Dalam proses negosiasi, saya mengedepankan komunikasi yang terbuka dan kolaboratif. Saya mendengarkan dengan seksama agar bisa memahami posisi dan kepentingan lawan bicara, sambil tetap mempertahankan kejelasan dan integritas dalam menegosiasikan kesepakatan yang saling menguntungkan.

Selain itu, saya juga menggunakan data dan argumen yang kuat untuk mendukung posisi saya, serta memanfaatkan jaringan dan relasi yang saya bangun untuk mencapai hasil yang optimal.

Semua yang saya lakukan di atas bisa dibilang menjadi kunci keberhasilan saya dalam bekerja. Pada awal Januari 2024, perusahaan menugaskan saya menjadi person in charge (PIC) acara konferensi internasional yang diadakan oleh Kementrian Perindustrian RI di Dubai.

Saya kembali mengeluarkan semua ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. Mulai dari mempresentasikan proyek acara kepada klien, bernegosiasi dengan para vendor di Dubai, dan juga berkolaborasi dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai.

Saat mengemban tugas tersebut, saya  sangat menjaga citra dan reputasi perusahaan yang merupakan bagian integral dari tugas saya. Dengan memahami pentingnya citra dan reputasi yang baik, saya memastikan bahwa setiap interaksi dan keputusan yang diambil selama perencanaan dan pelaksanaan acara bisa mendukung tujuan jangka panjang perusahaan.

Saya menghadirkan perusahaan dengan cara yang profesional dan etis, serta senantiasa memperhatikan dampak dari setiap tindakan terhadap citra perusahaan.

Sebagai praktisi PR saya berperan sebagai jembatan antara perusahaan saya dengan para stakeholders, baik sebelum maupun setelah acara berakhir. Saya berusaha menjalin hubungan yang baik dengan berbagai pihak terkait, seperti vendor, peserta acara, media, dan organisasi-organisasi yang ada.

Melalui komunikasi yang terbuka dan kolaboratif, saya memastikan bahwa kepentingan semua pihak dipertimbangkan dan dipenuhi, sehingga memperkuat ikatan antara perusahaan dengan lingkungan eksternalnya. Karena setiap langkah yang saya ambil dalam mengelola acara tidak hanya bertujuan untuk kesuksesan acara itu sendiri, tetapi juga untuk memperkuat posisi jangka panjang perusahaan dalam berhubungan dengan para stakeholders.

Pemahaman saya tentang pentingnya pemeliharaan citra baik dan reputasi Perusahaan ini, didasarkan pada pembelajaran dan interaksi langsung di ruang kelas, diskusi, serta studi kasus yang mendalam selama masa studi saya dua tahun terakhir di Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sepulangnya dari Dubai, perusahaan semakin mempercayakan tugas-tugas kompleks lainnya kepada saya. Langkah ini tidak akan berhenti di sini. Dengan izin Allah, semoga saya bisa mencoba pengalaman-pengalaman lain yang lebih seru dan luar biasa di masa depan.

Keberhasilan ini tentu saja tidak lepas dari usaha dan terus menerus meminta pada Allah SWT, seperti yang tertulis dalam hadits:

“Aku sesuai prasangka hambaku padaku. Jika prasangka itu baik, maka kebaikan baginya. Dan apabila prasangka itu buruk, maka keburukan baginya.” (HR. Muslim no. 4849)

Untuk teman-teman yang sedang berjuang mempercayai diri sendiri, teruslah berusaha percaya pada kemampuan kalian. Kalian bisa mendorong diri kalian, dan saya yakin kalian akan bisa menjadi “lebih” dari yang selama ini kalian pikirkan. Finish dan start masing-masing orang di sekitarmu adalah berbeda. Jangan pernah membandingkan dirimu dengan pencapaian orang lain. Jangan takut tertinggal, karena masa mu pun suatu saat akan datang.

Editor : Tria Patrianti

Naila Magda Robina

Naila Magda Robina

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ
Semester 4

Kamu mahasiswa aktif UMJ? Punya pengalaman yang menarik untuk dibagikan? Silakan tulis pengalamanmu dalam 700-1400 kata, lalu kirim ke email ksu@umj.ac.id. Tulisan yang terpilih akan dimuat di Kolom Mahasiswa website www.umj.ac.id.