Kenali Lima Jalur Masuk UMJ

Kenali Lima Jalur Masuk UMJ

Melanjutkan pendidikan tinggi tak cuma bisa dilakukan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tak perlu risau, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Perlu kamu pahami, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga memiliki tujuan yang sama yakni menghasilkan lulusan terbaik yang mampu bersaing dibidangnya masing-masing.

Bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah di PTS. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) sebagai salah satu kampus pertama dilingkungan persyarikatan Muhammadiyah.

UMJ memiliki pilihan Program Studi (Prodi) yang beragam untuk memenuhi berbagai pilihan minat akademik bagi calon mahasiswa baru. Karena, UMJ memiliki Prodi terbanyak diantara Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) berjumlah 57 Prodi.

Bagi kalian yang tertarik, saat ini UMJ sedang membuka pendaftaran masuk tahun akademik 2024-2025 dengan membuka lima jalur masuk untuk penerimaan mahasiswa baru, berikut infomasinya;

1. Jalur Reguler

HIMATEKA FIP UMJ
Suasana peserta kompetisi matematika antar pelajar 6 (KMAP 6) di Gedung FIP UMJ, Sabtu, (18/03/2023).

Jalur reguler merupakan jalur umum yang biasanya banyak dipilih. Calon mahasiswa baru bisa mendaftar melalui laman resmi pmb.umj.ac.id. Setelah mendaftar calon mahasiswa baru akan mengikuti tes secara mandi seperti dikampus swasta lainnya.

2. Jalur Beasiswa

Serah terima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Jalur Aspirasi Komisi X FRAKSI PDIP oleh H. Rano Karno, S.IP., kepada Warek I UMJ, Dr. Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep. pada Selasa (05/07).

UMJ memiliki 18 beasiswa untuk calon mahasiswa baru. Salah satunya bagi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Calon mahasiswa baru bisa memanfaat jalur ini untuk masuk ke UMJ. Biasanya ketika masuk dengan kalian hanya perlu mengikuti proses persyaratan beasiswa. Informasi ini bisa diakses melalui laman pmb.umj.ac.id.

3. Jalur Khusus

FIP UMJ Sambut Mahasiswa Program PMM 2023 dari Unismuh Bangka Belitung
Dekan FIP UMJ Prof. Dr. Iswan, M.Si., (tengah kanan) beserta Wadek I Ismah, M.Si., (tengah kiri) saat menerima kunjungan dari mahasiswa PMM FKIP Unismuh Bangka Belitung di Ruang Rapat FIP UMJ Lantai 2, Jum’at (22/09/2023).

UMJ membuka kesempatan bagi para karyawan yang ingin bekerja sambil berkuliah. Dari segi kurikulum dan pengajarnya sama dengan kelas reguler, sehingga tidak ada perbedaan antara jalur karyawan dan jalur reguler. Perbedaan terletak pada jam kuliah yang menyesuaikan para karyawan yaitu disore hari.

4. Jalur Ahli Jenjang

UMJ membuka program ahli jenjang ditujukan untuk seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan lebih rendah seperti diploma untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

5. Jalur Pindahan

Terakhir, UMJ Juga membuka kesempatan bagi mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lainnya. Perpindahan tersebut disesuaikan dengan program studi yang diambil di universitas sebelumnya.

Itulah penjelasan jalur masuk Universitas Muhammadiyah Jakarta. Semua akses tersebut bisa dilihat dilaman website yakni pmb.umj.ac.id.

Penulis : Fazri Maulana

Editor : Tria Patrianti