Talkshow HIMAKOM: Strategi dalam Membangun Kreatif Skill di Era Digital

Oleh :
KSU UMJ Editor
Talkshow “Strategi dalam Membangun Kreatif Skill di Era Digital yang diselenggarakan oleh HIMAKOM FISIP UMJ pada Kamis (16/06).

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta (HIMAKOM FISIP UMJ) kembali menggelar kegiatan tahunan bernama Pekan HIMAKOM dengan mengusung tema “GAMADIKALA” yang bermakna pengelana waktu, pada Kamis (16/06).

Acara ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dalam sepekan yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan salah satunya adalah Talkshow “Strategi dalam Membangun Kreatif Skill di Era Digital” secara hybrid melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung dari Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ.

Acara yang diikuti oleh mahasiswa UMJ ini menghadirkan beberapa narasumber yakni Al Akbar Fadhillah selaku Founder Sobat Cyber dan Ahmad Luthfi selaku Talenthub Kementrian Tenaga Kerja RI pada Kamis (16/6/2022).

Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Chandra., S.H.,MH., yang turut hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa perkembangan teknologi bisa berdampak positif bagi pemakainya. “Banyak sisi positif yang berasal dari pemanfaatan teknologi dengan menumbuhkan skill kreatif dalam meningkatkan pada diri individu dengan menguasai teknologi, dunia cyber atau digital akan dikembalikan kepada pengguna tersebut dan memilih sikap yang baik dalam menggunakannya”, ujarnya

Sementara itu, Ahmad Luthfi dari Talenthub Kementerian Tenaga Kerja RI mengatakan bahwa berfikir kreatif menjadi isu yang sangat penting. “Satu-satunya keterampilan manusia yang tidak dapat digantikan teknologi robot adalah berfikir kreatif dan pekerjaan masa depan akan menjadi isu yang harus digarisbawahi. Ketika membangun teamwork adalah salah satu challenge, creative skill merupakan satu dari sepuluh keterampilan yang dibutuhkan di masa depan”, paparnya.

Pada kesempatan yang sama Founder Sobat Cyber Indonesia, Al Akbar Rahmadillah mengingatkan hal-hal penting ketika memasuki era digital. ”Ketika memasuki era digitalisasi sangat membutuhkan basic skill, berpikir kreatif dalam memanfaatkan teknologi”, ujarnya. Ia juga memaparkan bahwa digital di Indonesia sudah sampai 170 juta pengguna dan semua sudah terintegrasi dengan internet, bahkan social media platform dalam berkomunikasi telah menggunakan teknologi secara online. (Himakom)