Upacara Pembukaan Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSM PTM) III Tahun 2017

Agenda Awal Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah
May 9, 2017
Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSM PTM) ke III telah usai diselenggarakan
May 12, 2017
Show all

 

Upacara Pembukaan Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSM PTM) III Tahun 2017

Upacara Pembukaan Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSM PTM) III Tahun 2017 pada Selasa 9 Mei 2017 | 12 Sya’ban 1438 dihadiri oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi: Prof. Intan Ahmad, Ph.D. yang memberikan sambutan dan apresiasi yang tinggi kepada Muhammadiyah yang turut berkontribusi membangun bangsa. Sebelumnya, Rektor UMJ, Prof. Dr. Syaiful Bakhri, S.H., M.H., memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan peserta.

Selain itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Haedar Nashir, pun hadir memberikan keynote speech dengan tema “Pengembangan Seni Profetik dalam Rangka Membangun Dakwah Pencerahan di Bidang Seni dan Budaya untuk Indonesia Berkemajuan”, sekaligus membuka secara resmi kegiatan PSM PTM tersebut.


PSM PTM kali ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta selama 3 hari, yaitu mulai Selasa – Kamis, 9 – 11 Mei 2017 | 12 – 14 SYa’ban 1438. Menurut panitia, jumlah PTM yang terdaftar online di official web http://psmptm3.umj.ac.id sebanyak 48 PTM dari berbagai daerah di Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 510 mahasiswa, mulai dari Aceh sampai Papua. PSM PTM I pada tahun 2012 diselenggarakan di Unismuh Makassar yang diikuti oleh 22 PTM. Selanjutnya PSM PTM II Tahun 2015 diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Cirebon yang diikuti oleh 44 PTM. Peningkatan jumlah PTM yang berpartisipasi dari periode ke periode menunjukkan bahwa perhatian PTM terhadap seni dan budaya semakin bertambah, sehingga membuat Lembaga Seni, Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yang merupakan lembaga penyelenggara kegiatan PSMPTM, semakin bersemangat untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas kegiatan.
PSM PTM III tahun 2017 ini melombakan 16 tangkai seni yang terdiri dari:

  1. Qira’ah (Puteri)
  2. Qira’ah (Putera)
  3. Lomba Baca Puisi (Putera)
  4. Lomba Baca Puisi (Puteri)
  5. Lomba Musikalisasi Puisi
  6. Lomba Penulisan Puisi
  7. Lomba Penulisan Skenario Film
  8. Lomba Monolog
  9. Lomba Nyanyi Tunggal Pop Islami Putera
  10. Lomba Nyanyi Tunggal Pop Islami Puteri
  11. Lomba Vocal Group
  12. Fotografi
  13. Film Doku-Drama
  14. Lomba Kaligrafi Lukis
  15. Lomba Kaligrafi Dekorasi
  16. Lomba Komik Strip

Comments are closed.