UMJ Tandatangani MoU dengan Istanbul Sabahattin Zaim University

Workshop KUI 2019 Andrew Macltyre Monash University
Andrew Maclntyre: Sudah Saatnya Internasionalisasi PT
June 20, 2019
pustakapedia.com
Holmesglen Institute Gelar English Teachers Training di UMJ
July 5, 2019
Show all
pustakapedia.com

Rabu (03/07), UMJ menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan IZU (Istanbul Sabahattin Zaim University – Turki) di aula FKK UMJ. MoU tersebut ditandatangani oleh Wakil Rektor I UMJ Dr. Endang Sulastri dan Rektor IZU Prof. Mehmet Bulut.

Menurut Endang Sulastri, saat ini penting bagi perguruan tinggi melakukan internasionalisasi. Sebab, katanya, internasionalisasi akan menjadikan kualitas dan reputasi perguruan tinggi akan menjadi lebih baik. Untuk itu, UMJ sebagai perguruan tinggi yang tengah menapaki program internasionalisasi harus mempersiapkan diri melalui peningkatan SDM maupun program-programnya.

Di sisi lain, tambahnya, dengan internasionalisasi mahasiswa akan lebih siap menghadapi dunia global. Hal tersebut karena interaksi mahasiswa dengan mahasiswa asing atau dunia global terjalin secara intens.

Adapun indikator kesiapan perguruan tinggi dalam program internasionalisasi antara lain: jumlah mahasiswa asing, publikasi internasional, dan kerjasama internasional.

Adapun bagi Mehmet, kedatangannya ke Indonesia adalah kesempatan yang baik untuk mengenal dan mengetahui saudara muslim di Indonesia. Katanya, sebagai negara dengan mayoritas muslim, Indonesia merupakan negara yang sangat penting.

Ia berharap Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri dalam banyak bidang. Baginya, Indonesia dan juga Turki sudah saatnya dapat memproduksi sains, teknologi dan bidang lainnya. Sebab, katanya, kita punya generasi muda yang baik dan cerdas.

Mehmet juga mengingatkan pentingnya bahasa dalam mendorong kemajuan dan dalam pergaulan global. Setidaknya, seseorang harus mampu menguasai 3 (tiga) bahasa yakni Arab, Inggris dan Turki dan jika mampu pelajari juga bahasa Jerman, Belanda, Mandarin, dan Perancis. Minimal, katanya, bahasa Inggris sebab bahasa Inggris dapat dijadikan instrumen untuk mengetahui dunia hari ini. (HUMAS)

Comments are closed.