Selamat, 13 Proposal PKM UMJ lolos seleksi dan didanai Ristekdikti Tahun 2018

Seminar “Kesiapan Memasuki Dunia Kerja”
April 4, 2018
Pengembangan Potensi Tenaga Pendidik terhadap Anak Berkebutuhan Khusus
April 6, 2018
Show all

Selamat, 13 Proposal PKM UMJ lolos seleksi dan didanai Ristekdikti Tahun 2018

Selamat, 13 Proposal PKM UMJ lolos seleksi dan didanai Ristekdikti Tahun 2018

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), merupakan kegiatan yang diluncurkan oleh Ristekdikti yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri. Meningkatkan mutu mahasiswa di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

PKM terdiri dari 7 skema yang secara garis besar dikelompokkan menjadi 2, yaitu PKM Proposal Kegiatan atau yang saat ini lebih dikenal sebagai PKM 5 Bidang, dan PKM Proposal Karya Tulis, atau lebih dikenal sebagai PKM-KT. PKM 5 Bidang terdiri dari PKM Penelitian, baik Penelitian Eksakta (PKM-PE) maupun Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC). PKM-KT terdiri dari PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Sejak tahun 2011, UMJ sudah aktif memfasilitasi Mahasiswa dalam mengikuti program ini. Tiap tahunnya, ratusan Proposal PKM masuk ke Bidang Kemahasiswaan UMJ untuk dilakukan seleksi internal terlebih dahulu dengan melibatkan tim korektor dari Mahasiswa dan tim Reviewer dari Dosen.
Hingga tahun 2017, sudah puluhan proposal PKM lolos seleksi dan didanai hingga total lebih dari lima ratus juta rupiah oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Informasi lebih lengkap mengenai perjalanan PKM UMJ hingga saat ini, bisa kunjungi portal http://pkm.umj.ac.id.

Alhamdulillah pada tahun 2018 ini, 13 Proposal PKM 5 Bidang berhasil lolos seleksi dan didanai oleh Ristekdikti. Rincian 13 Proposal tersebut adalah sebagai berikut:

Selamat kepada seluruh Mahasiswa dan Dosen Pendamping. Semoga kegiatan PKM 5 Bidang dapat segera dilaksanakan dengan baik dan berhasil lolos Monev Ristekdikti, sehingga bisa diundang dalam kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 Tahun 2018 yang akan diselenggarakan di salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia (sesuai keputusan Ristekdikti pada sekitar bulan Juni/Juli 2018).

Terima kasih untuk seluruh Mahasiswa dan Dosen Pendamping yang sudah berpartisipasi dalam mengikuti dan mengirimkan proposal Program Kreativitas Mahasiswa pada akhir tahun 2017 yang lalu. Semoga kuantitas dan kualitas Proposal PKM UMJ terus meningkat dan menjadikan Mahasiswa UMJ lebih kreatif, inovatif dan berprestasi. Aamiin…

Comments are closed.