SAATNYA MENGEMBANGKAN UNIVERSITAS RISET

Darul Arqam Pimpinan UMJ SEntul
AIK UMJ Selenggarakan Darul Arqam Pimpinan UMJ
January 24, 2020
LPPM UMJ pustakapedia
LPPM UMJ Desiminasikan Penelitian Menjadi Inovasi
March 10, 2020
Show all

Universitas di Eropa dan Amerika sudah mulai menggerakkan universitas riset, di mana tenaga pengajar juga menjadi researcher yang menghasilkan produk. Universitas riset memiliki jumlah tenaga pengajar yang lebih banyak dari jumlah mahasiswanya, berbanding terbalik dengan universitas yang ada di Indonesia. Researcher diharapkan mampu menghasilkan produk yang dapat dijual guna membantu pembiayaan universitas, sehingga kampus tidak sepenuhnya bertumpu pada uang dari biaya kuliah mahasiswa. Universitas riset menumbuhkan ekonomi dengan mendapat penghasilan 80% dari inkubasi bisnis dan 20% dari pembayaran uang kuliah, sehingga memungkinkan untuk menerima mahasiswa jenius untuk dididik menjadi entrepreneur yang unggul.

Hal tersebut mengemuka dalam acara kuliah umum bertema The Role and Challenges of Universities in the Globalization Era,  di Universitas Pamulang (Unpam), Rabu (4/3/2020). Materi tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Prof. Dr. Syaiful Bakhri, SH,. MH., di hadapan 200 dosen dan mahasiswa Unpam. Dalam kesempatan tersebut hadir juga pembicara dari Polytechnic University of Philippines (PUP), Assoc Prof. Rolando P. Quinones, yang didampingi oleh Atase Pendididikan dan Kebudayaan RI di Manila, Dr. Lili Nurlaili dan Wakil Rektor 4 Unpam, Dr. RR. Dewi Anggraini, SH., MH.

Syaiful Bakhri yang juga pakar hukum pidana ini menambahkan bahwa dewasa ini, perguruan tinggi tidak hanya bertanggung jawab dalam hal pendidikan, namun juga dalam membentuk karakter mandiri dengan cara mencetak jiwa enterpreneur mahasiswa. “Mahasiswa tidak boleh lagi fokus untuk hanya menjadi pegawai negeri karena lahan tersebut semakin terbatas, namun mahasiswa harus mempunyai jiwa wirausaha dan mampu menciptakan dan mengembangakan jenis-jenis usaha baru di masa mendatang”, demikian Syaiful menambahkan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama akademik antara UMJ dan Unpam yang dilakukan oleh Rektor UMJ, Prof. Dr. Syaiful Bakhri, SH,. MH., dan Rektor Unpam, Dr. M. Hidayat, MM. kerjasama yang disepakati adalah dalam bidang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan kualitas akademik. (Lina & Endang. Z)

Comments are closed.