PTM Kuatkan Kerjasama Luar Negeri

FISIP UMJ Selenggarakan Workshop Potrait Photography
May 29, 2015
Rektor Brikan Penghargaan Penulisan Buku
August 18, 2015
Show all

Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Perguruan Tinggi Aisyiyah (PTA) yang saat ini berjumlah 178 di seluruh Indonesia menguatkan strategi kerjasama internasional. Setiap tahun Forum Kantor Urusan Internasional (KUI) PTM dan PTA melakukan Workshop Kerjasama Internasional. Tahun ini Workshop dilakukan di Hotel Arjuna, Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerjasama dengan Majelis Pendidikan Tinggi PP. Muhammadiyah. Workshop KUI diikuti oleh banyak 67 orang peserta dari 53 PTM dan PTA seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini (13 – 14 Juni) dibuka oleh Wakil ketua Majelis Dikti PP. Muhammadiyah, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. Dalam sambutannya, Edi Suandi menyampaikan bahwa workshop diperlukan guna menghadapi persaingan global yang semakin terbuka dan memerlukan peningkatan skill bagi mahasiswa, termasuk mahasiswa di PTM.

Edi juga berharap agar PTM dan PTA yang ada di Indonesia bisa menjadi universitas bertaraf internasional. Workshop tersebut juga dihadiri oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Ristek dan Dikti Dr. Illah Sahilah yang menyampaikan materi tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Kesetaraan Jenjang Pendidikan di Asean dari sisi Internationally recognized curriculum. Dr. Illah berharap agar KUI PTM dapat meningkatkan kerjasama dengan universitas di dalam maupun di luar negeri, termasuk dalam hal publikasi dan penelitian bersama.

Dalam Forum KUI tersebut juga dilakukan pergantian Pengurus Forum KUI PTM. Untuk Periode 2015-2016 terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum KUI PTM Ibu Ida Puspita (Ketua KUI UAD), dan Wakil Ketuanya Endang Zakaria (Kepala Biro Kerjasama / Ketua KUI UMJ).

Rektor UMJ, Dr. Syaiful Bakhri, SH., MH bersama Kepala Biro Kerjasama, Endang Zakaria juga hadir dalam acara tersebut. Dalam forum tersebut Rektor UMJ menyampaikan keinginannya agar tahun 2016 Workshop KUI PTM dan PTA dapat dilaksanakan di Kampus UMJ. Hal itu menurutnya semata-mata agar UMJ dan semua PTM lainnya dapat mengambil peran yang sama dalam pengembangan kerjasama internasional. (Humas UMJ)

Comments are closed.