Pertukaran Mahasiswa

Program Pertukaran Mahasiswa adalah program yang diselenggarakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta untuk mengikuti perkuliahan perguruan tinggi lain yang relevan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri dalam bentuk perolehan angka kredit (credit earning) , transfer kredit (credit transfer), dan kegiatan non-akademik berupa kegiatan ekstra-kurikuler, termasuk kegiatan pemahaman lintas budaya dan kepemimpinan sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

  1. Meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, perekat kebangsaan antar mahasiswa se-indonesia melalui pembelajaran antar budaya
  2. Mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan soft skill,kemampuan berkolaborasi dan beradaptasi dalam pergaulan di masyarakat dengan latar belakang yang beragam.
  3. Memperkaya pengalaman belajar siswa di perguruan tinggi lain melalui transfer kredit (credit transfer)dan perolehan kredit (credit earning). 
  4. memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas jejaring dan wawasan secara global.
  5. Meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif perguruan tinggi masing-masing.

Membangun persahabatan mahasiswa antardaerah, suku, budaya, dan agama sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

  1. Mahasiswa aktif semester 3-7 di bawah Kemendikbudristek dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti);
  2. Memiliki indeks prestasi kumulatif minimal 2,75 dari skala 4.
  3. Belum pernah mengikuti Program PMM;
  4. Tidak sedang terdaftar aktif dalam Program Kampus Merdeka yang lain pada saat program berlangsung;
  5. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik;