BPH PTM: Menghadirkan Persyarikatan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah
November 3, 2017
Pertanian dan Tanaman Herbal Berkelanjutan di Indonesia
November 14, 2017
Show all

Kuliah Umum Kepemimpinan Mohamed Ibrahim Kazim

Selasa (7/11) FAI (Fakultas Agama Islam) UMJ menggelar kuliah umum tentang kepemimpinan di Aula FKK UMJ lantai 4 dengan narasumber Mohamed Ibrahim Kazim. Ia adalah dosen Universitas Ummul Qura, Makkah.

Dalam kesempatan itu, Rini Fatma Kartika, Dekan FAI UMJ, menyampaikan dalam sambutannya bahwa kosongnya karakter kepemimpinan dapat memicu krisis sosial yang memprihatinkan. Ia menegaskan bahwa agama, termasuk Islam, menawarkan beberapa konsep tentang kepemimpinan. Dalam kuliah umum tersebut, katanya, dapat dilihat bagaimana konsep kepemimpinan menurut Mohamed Ibrahim Kazim.


Menurut Mohamed Ibrahim Kazim kepemimpinan adalah upaya mempengaruhi orang lain untuk mengarahkan potensi mereka demi mewujudkan tujuan lembaga. Hal tersebut, katanya, berbeda dengan tujuan manajemen sebagai upaya menggerakkan sumber daya manusia dan sumber daya materil untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Lalu, apakah tujuan itu? Menurutnya tujuan atau target merupakan hasil tertentu yang terukur atau jalan keluar yang realistis.

Ada beberapa karakter seorang pemimpin menurut Mohamed Ibrahim Kazim yaitu kepercayaan diri, karakter kepribadian yang kuat, tekun dan menyukai tantangan, berani dan tangguh serta penuh perencanaan dan kreatif. (HUMAS/AM)

Comments are closed.

Universitas Muhammadiyah Jakarta - Powered by Puskom-UMJ