Mahasiswa YLS UMJ Angkatan 2023
Mahasiswa YLS UMJ Angkatan 2023

Pendidikan menjadi hal penting bagi pengembangan sumber daya manusia. Oleh karenanya mendapat kesempatan melanjutkan studi di perguruan tinggi apalagi melalui jalur beasiswa adalah sebuah keberuntungan. Itulah yang saya rasakan saat ini sebagai salah satu penerima beasiswa program Youth Leader Scholarship (YLS) angkatan 2023.

Saya Hamzah, mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ). Saya merasa sangat beruntung mendapatkan pengalaman baru selama menjadi mahasiswa YLS.

YLS merupakan program beasiswa unggulan UMJ yang diberikan kepada aktivis IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) atau OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) lulusan MA/SMA/SMK/se-derajat. Mahasiswa YLS dididik secara khusus guna menjadi pemimpin muda yang berkarakter dan visioner di masa mendatang.

Menjadi mahasiswa Youth Leader Scholarship (YLS) adalah pengalaman paling berharga dan berkesan yang saya rasakan selama hidup saya. Berbeda dengan mahasiswa pada umumnya, kami tidak memiliki banyak waktu istirahat karena harus mengikuti program pelatihan intensif yang rutin diadakan setiap pekan.

Namun, saya mencoba menjalaninya dengan ikhlas sambil menyadari bahwa kesempatan ini mungkin tidak datang dua kali. Sebelum mendaftar program YLS yang dibuka pada 24 Juli 2023 lalu, sangat banyak perasaan yang menghampiri saya, takut, ragu dan khawatir tidak lolos. Namun saya percaya bahwa usaha tidak akan mengecewakan hasil, campur aduk perasaan saya pada waktu itu.

Satu per satu saya penuhi syarat dan ikuti tahapan pendaftaran Youth Leader Scholarship (YLS), mulai dari tahap pertama seleksi administrasi sampai tahapan kedua seleksi wawancara. Seleksi tahap pertama selain dokumen administrasi, kami wajib mengirimkan esai sesuai tema yang diberikan.

Pada 25 Agustus 2023, alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk maju ke seleksi tahap kedua. Pada seleksi tahap kedua, saya melewati tes Bahasa Inggris, membaca Al-Qur’an, dan wawancara bersama Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si.

Syukur alhamdulillah setelah mengikuti proses pendaftaran dan seleksi dari tahap pertama sampai tahap kedua saya resmi dinyatakan lolos dan diterima di Prodi Ilmu Politik FISIP UMJ.

Mentoring rutin Qur'an Intensive Learning
Mahasiswa YLS 2023 saat Mentoring rutin Qur’an Intensive Class

Selama di program YLS ini, saya bersama teman seangkatan yang terdiri dari sebelas orang, benar–benar dilatih untuk menjadi aktivis dan pemimpin muda. Kami tidak hanya belajar tapi juga dilatih untuk menjadi tutor sebaya pada pelatihan membaca Al-Qur’an.

Melalui program Qur’an Intensive Class kami tidak hanya dilatih untuk belajar mengaji dan menjadi murid, tapi juga di tuntut untuk menjadi pengajar atau tutor bagi teman sebaya. Itu karena YLS ditujukan untuk mencetak pemimpin muda yang berkarakter dan visioner di masa mendatang.

Selain itu pada program pelatihan menulis, kami dilatih untuk mahir menulis, baik tulisan berita, opini, maupun artikel ilmiah. Kami juga dilatih menjadi reporter untuk mengumpulkan berita dan informasi tertentu.

Kami pernah ditugaskan menjadi reporter di acara diskusi sekaligus nonton bareng film Jomblo Fi Sabilillah. Saat itu bintang tamunya salah satu pemeran utama yaitu Nabilah Ayu yang pernah tergabung dalam JKT48. Selain itu masih banyak acara lainnya seperti acara wisuda.

Kami di YLS juga di dorong untuk aktif di kegiatan kampus, baik organisasi eksternal IMM dan internal yaitu himpunan mahasiswa atau Badan Eksekutif Mahasiswa. Kami juga dituntut mengikuti event perlombaan untuk menambah relasi dan prestasi.

Menurut saya, YLS tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan memberdayakan generasi mendatang. Di sinilah saya mendapatkan bimbingan khusus dan mendapatkan ilmu baru serta bisa mengasah kemampuan. Pembelajaran yang diberikan dari mentor ini menjadi bekal berharga dalam perjalanan hidup saya sekaligus memberikan inspirasi yang tak ternilai.

Setiap langkah, baik dalam kegagalan maupun kesuksesan, adalah bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan hidup saya. Dengan setiap pengalaman baru, saya terus tumbuh sebagai individu yang tangguh, cerdas, dan siap menghadapi setiap tantangan di masa depan.

Saya berharap sekali bisa menyebarluaskan pengetahuan yang saya dapat dari pelatihan dan pengalaman di YLS, dan juga bisa mengejar impian saya.

Ucapan terima kasih saya ucapkan kepada UMJ yang telah mengadakan program YLS, dan menyediakan tempat kepada saya untuk menimba ilmu dan berproses. Beasiswa ini juga sangat membantu perekonomian keluarga karena saya bisa lebih fokus mencari ilmu tanpa memikirkan biaya.

Editor: Dinar Meidiana

Hamzah YLS

Hamzah

Mahasiswa Prodi Ilmu Politik FISIP UMJ
Mahasiswa Youth Leader Scholarship (YLS)

Kamu mahasiswa aktif UMJ? Punya pengalaman yang menarik untuk dibagikan? Silakan tulis pengalamanmu dalam 700-1400 kata, lalu kirim ke email [email protected]. Tulisan yang terpilih akan dimuat di Kolom Mahasiswa website www.umj.ac.id.