FISIP UMJ Menyambut Mahasiswa PMM II

Pimpinan, Mahasiswa PMM II, dan Sivitas Akademika FISIP UMJ di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Kamis (22/09).

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) menyambut mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) II 2022 di Auditorium Kasman Singodimedjo FISIP UMJ pada Kamis, (22/9). Penyambutan ini sekaligus sosialisasi akademik, program studi (Prodi), kemahasiswaan, hingga jadwal perkuliahan kepada mahasiswa program PMM sehingga dapat mengenal dan belajar di FISIP dengan nyaman. Sebanyak 57 dari 243 mahasiswa program PMM yang ada di UMJ memilih mata kuliah di empat (4) Prodi yang ada di FISIP UMJ.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika FISIP UMJ. Mahasiswa program PMM disambut oleh Dekan FISIP UMJ, Dr. Evi Satispi, M.Si., dengan penuh kehangatan. Pada kesempatan tersebut, Evi juga mengenalkan kehidupan fakultas, mulai dari civitas akademika hingga seluruh aktifitas yang ada di FISIP UMJ. Menurut Evi, lolos program PMM adalah suatu hal yang membanggakan bagi mahasiswa. “Kalian ini istimewa karena menjadi duta atau perwakilan dari perguruan tinggi, fakultas, dan prodi kalian. Tentunya ini hal yang membanggakan untuk kita semua dan tentunya orang tua kalian,” tutur Evi saat menyambut kehadiran mahasiswa PMM.

Mahasiswa PMM pun diajak berbincang santai dengan Pimpinan Fakultas. Bincang Santai diawali oleh Drs. H. Moh. Amin Tohari, M.Si., Wakil Dekan 1 FISIP UMJ bidang akademik. Amin menyambut hangat mahasiswa PMM sekaligus menjelaskan tentang akademik kepada mereka. “Perkuliahan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, silahkan dilihat waktu dan ruangan yang akan digunakan. Kalau ada kendala, silahkan hubungi prodi atau akademik. Adik-adik adalah mahasiswa terpilih, pergunakan kesempatan ini semaksimal mungkin. Diharapkan dalam perkuliahan ini terjadi dialog antar mahasiswa UMJ dengan kalian (mahasiswa PMM) sehingga kita harapkan apa yang ada di UMJ bisa dibawa ke perguruan tinggi asal,” ucap Amin.

Pimpinan FISIP UMJ kiri ke kanan: Dr. Evi Satispi, M.Si. (Dekan), Drs. H. Moh. Amin Tohari, M.Si. (Wakil Dekan I), Djoni Gunanto, S. IP., M.Si., (Wakil Dekan II), dan Dr. Fal Harmonis, M.Si (Wakil Dekan III), dalam sesi Bincang Santai Penyambutan Mahasiswa PMM II FISIP UMJ, Kamis (22/9).

Djoni Gunanto, S. IP., M.Si., Wakil Dekan II bidang Keuangan dan Sarana Prasarana melanjutkan Bincang Santai dengan menyambut mahasiswa PMM dan menceritakan Kasman Singodimedjo yang menjadi nama auditorium FISIP UMJ. “Kasman itu tokoh Muhammadiyah yang menjadi ketua pertama Komisi Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang saat ini menjadi MPR dan DPR,” terang Djoni. Ia juga menjelaskan sejarah UMJ khususnya FISIP yang awalnya bernama Fakultas Kesejahteraan Sosial (FKS).

Sesi Bincang Santai ditutup oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswa, Dr. Fal Harmonis, M.Si., yang memperkenalkan seputar aktivitas kemahasiswaan dan lembaga mahasiswa yang dimiliki FISIP UMJ. “Silahkan jika ingin mengenal kelembagaan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan ketua lembaga,” kata Harmonis sesaat setelah mengenalkan seluruh ketua lembaga mahasiswa (Himpunan, BEM, LSO, dan IMM). Ia berpesan kepada mahasiswa PMM agar ikut dalam setiap kegiatan yang dibuat oleh lembaga mahasiswa agar memperluas relasi mereka. “Jangan membuang waktu selama disini, agar kalian memiliki banyak teman,” cakap Harmonis.

Penyambutan ini begitu terasa kebhinekaannya, karena menghadirkan beragam pakaian adat yang dikenakan oleh mahasiswa PMM dari daerah masing-masing. Pakaian adat yang ditampilkan antara lain Baju Bodo dari Bugis, Kebaya Baniang dari Maluku, pakaian adat Suku Sasak (Lombok), serta pakaian adat dari Bima dan NTT.

Mahasiswa PMM II FISIP UMJ mengenakan baju adat dalam acara Penerimaan Mahasiswa PMM II FISIP UMJ, Kamis (22/9).

Salah satu mahasiswa PMM asal Universitas Jambi, Regi Oktavia yang berasal dari Prodi Ilmu Pemerintah merasa begitu senang dengan program PMM dan kesempatan berkuliah di FISIP UMJ. “Tentunya ini adalah kegiatan yang seru banget, karena semua mahasiswa (ketika dikelas) banyak yang aktif jadi isi dalam kelas begitu hidup, dan aku merasa, wah seru juga ya kalau banyak yang aktif didalem kelas. Pihak UMJ pun memfasilitasi untuk mengikuti kegiatan di non akademik, salah satunya Kelembagaan Mahasiswa,” ujar Regi.

Bukan hanya Regi, Arda Jurnardi Mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari, juga memberikan tanggapannya tentang program PMM di kampus UMJ khususnya FISIP. “Disini saya mendapakat banyak hal baru yang belum saya dapat di kampus saya. Disini kami diterima dengan baik oleh UMJ, kami berbaur dengan mahasiswa UMJ dan kami diterima, tidak ada yang membedakan mahasiswa internal ataupun eksternal. Dosen pun selalu memberikan hal-hal positif kepada kami,” cakap Arda.

Perkuliahan mahasiswa PMM telah dimulai sejak hari Selasa, (20/9) dan berlanjut hingga satu (1) semester kedepan. (JD/KSU)