Memadukan Ekonomi dan Ilmu Hukum, Mahasiswa FH UMJ Raih Juara 2 Tingkat Nasional

Qithfirul Fahmi dan Amirtha Nayna Salzabilla, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (FH UMJ) berhasil meraih Juara 2 pada Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila, merupakan rangkaian kegiatan Economic Fair FEB UP 2022. Tulisan berjudul Reinterpretasi Asas Kekeluargaan Sebagai Solusi Polemik Perekonomian Pasca Pandemi Covid-19 di Indonesia, hasil tangan Qithfirul Fahmi dan Amirtha Nayna Salzabilla diambil berdasarkan tema yang diusung oleh panitia yakni Outlook Economic Post Covid. Lomba ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai daerah yakni Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali.

Informasi pemenang lomba diumumkan secara resmi oleh panitia pada Selasa (09/08), di akun Instagrm resmi Economic Fair FEB UP. Fahmi dan Nayna mengaku menyelesaikan tulisan tersebut selama 3 (tiga) hari. Sebagai mahasiswa yang berlatar belakang bidang ilmu hukum, keduanya ingin mencoba menyelesaikan polemik perekonomian dengan mengkolaborasikan ekonomi dan hukum. Tulisan tersebut menjelaskan pandangan keduanya mengenai konsep reinterpretasi asas kekeluargaan di dalam Pasal 33 ayat (1) UUD NRI 1945 yang dinilai relevan.

Hal tersebut dapat diwujudkan dengan berbagai upaya diantaranya, pelaksanaan keadilan perekonomian, peningkatan pengawasan terhadap tindak pidana korupsi dan pencucian uang, menghindari monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Selain itu dapat juga memaksimalkan koperasi dan BUMDES dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal. Inovasi ekonomi juga diperlukan, yakni dengan menambah nilai jual pada produk yang dijual dengan cara digitalisasi, menerapkan perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional, serta menerapkan Game Theory.

Perlombaan tersebut berkesan bagi Fahmi dan Nayna yang kini duduk di semester 6 (enam) FH UMJ. Keduanya terpacu untuk terus meningkatkan potensi dan kompetensi baik di dalam maupun luar kampus. “Mengikuti lebih banyak lagi lomba baik kelompok maupun invidu, saya ingin menikmati pembelajaran dari setiap proses lomba. Jadi kedepannya kalau ada kesempatan untuk ikut lomba, saya akan mencoba,” ungkap Nayna melalui pesan singkat, Rabu (10/08).

Sedangkan Fahmi yang diketahui gemar menulis dan kerap kali memenangkan lomba menulis tingkat universitas berharap tulisan-tulisannya dapat bermanfaat bagi pembaca. “Saya pribadi berharap tulisan saya bermanfaat untuk yang membaca, serta menambah rasa percaya diri dan meningkatkan kompetensi saya untuk ke depannya dalam hal akademik,” ungkap Fahmi, yang saat ini juga sedang aktif magang sebagai reporter dan penulis di Kantor Sekretariat Universitas (KSU UMJ). (DN/KSU)