HIMATIKA FIP UMJ Selenggarakan Kompetisi Matematika Antar Pelajar Jabodetabek

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Dewan juri, peserta final KMAP, dan perwakilan HIMATIKA FIP UMJ usai memberikan hadiah penghargaan di Auditorium FAI UMJ, Sabtu (01/06/2024).
Dewan juri, peserta final KMAP, dan perwakilan HIMATIKA FIP UMJ usai memberikan hadiah penghargaan di Auditorium FAI UMJ, Sabtu (01/06/2024). (Foto: KSU/Qithfirul Fahmi)

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (HIMATIKA FIP UMJ), menyelenggarakan Kompetisi Matematika Antar Pelajar (KMAP) di Auditorium Fakultas Agama Islam (FAI) UMJ, Sabtu (01/06/2024).

Baca juga : Mahasiswa PPG UMJ Gelar Pameran Media Pembelajaran Inovatif

Perlombaan tersebut diikuti oleh 76 peserta dari 38 tim SMA/se-derajat se-Jabodetabek. Pada kesempatan ini, Tim D SMA Garuda Cendekia berhasil meraih juara satu. Di babak final, Tim D SMA Garuda Cendekia menghadapi tiga tim lainnya, yaitu SMAN Unggul MH Thamrin, SMAN 78 Jakarta, dan Tim A SMA Garuda Cendekia.

Dalam partai penentuan ini, peserta diberikan 30 pertanyaan terkait aljabar, geometri, statistika, dan kalkulus yang dinilai oleh dewan juri yaitu Assistant Professor of Mathematics Universitas Bina Nusantara Dr. Faisal, M.Si. serta Dosen FIP UMJ Hastri Rosiyanti, M.Pmat.

Hasil akhir skor Juara 1 ditempati Tim D SMA Garuda Cendekia (Din Alwan dan Kamilah Safitri) dengan nilai 143. Juara 2 diraih SMAN Unggul MH Thamrin (Andika Razan dan Ahza Nadif) dengan nilai 133. Juara 3 diraih SMAN 78 Jakarta (Ahmad Fauzi & Alie Kian Sanjaya) dengan nilai 128. Sementara itu, Juara Harapan 1 diraih Tim A SMA Garuda Cendekia (Aisha Helfa dan Irfin Sakti)

Din Alwan mengatakan telah mempersiapkan KMAP dengan serius. “Hampir setiap hari belajar, diajari juga sama guru. Saya juga belajar dari soal-soal yang sulit dan ada juga soal-soal yang belum pernah ditemui sebelumnya, serta materi-materi baru,” tuturnya saat diwawancarai usai menerima hadiah penghargaan.

Ia merasa senang mengikuti perlombaan KMAP karena menurutnya panitia penyelenggara sangat baik ketika memperlakukan peserta dan ditunjang dengan fasilitas yang sangat baik.

Pada kesempatan yang sama, Kamilah Safitri mengaku hampir setiap hari melaksanakan rapat secara daring untuk persiapan lomba KMAP dengan dimulai dari soal yang paling mudah ke susah.

“Panitianya sangat membantu. Lalu untuk soal yang diberikan menurut saya paling susah itu, pas penyisihan, tetapi setelah mencapai babak final mulai bisa walaupun ada dua soal tidak bisa dijawab,” ungkap Kamila.

Selain perlombaan, terdapat seminar yang menghadirkan Educational Influencer Farhan, ST. yang membahas Self Improvement and Math. Menurutnya, matematika bukan hanya sekadar angka, tetapi lebih dari itu dan sangat berpengaruh ke kehidupan dunia nyata. Ia berpesan pada para peserta seminar agar rajin belajar dan memiliki kompetensi di bidang masing-masing, khususnya di matematika.

“Kalian yang ingin bekerja atau akan melanjutkan ke jenjang kuliah, tolong manfaatkan pendidikan dengan baik untuk kemanfaatan diri sendiri karena cari kerja itu sulit, yang jago aja susah apalagi yang tidak bisa apa-apa. Jadi belajar atau berkuliahlah dengan benar,” tutur Farhan.

KMAP merupakan progam kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh HIMATIKA FIP UMJ dan saat ini KMAP digelar untuk ketujuh kalinya. Sebelumnya, agenda ini dibuka dan langsung dilaksanakan babak penyisihan di Auditorium FIP UMJ, Sabtu (25/05/2024).

KMAP digelar untuk memperkenalkan Prodi Pendidikan Matematika FIP UMJ, sebagai wadah menstimulasi dan mengidentifikasi kemampuan matematis, serta meningkatkan kemampuan
berpikir logis, kritis, dan kreatif hingga memiliki jiwa kompetitif.

Editor: Dinar Meidiana