Mahasiswa FTan UMJ Kunjungi PT Sido Muncul dan Kebun Salak Omah Tani

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Mahasiswa Prodi Agroteknologi dan Agribisnis FTan UMJ angkatan 2022 bersama dosen dan kelompok tani Kusuma Mulya di Kebun Salak Omah Tani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (22/05/2024).
Mahasiswa Prodi Agroteknologi dan Agribisnis FTan UMJ angkatan 2022 bersama dosen dan kelompok tani Kusuma Mulya di Kebun Salak Omah Tani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (22/05/2024)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta (FTan UMJ) mengunjungi PT Sido Muncul Tbk. dan Kebun Salak Omah Tani pada 20-22 Mei 2024 di Semarang dan Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Prodi Agroteknologi dan Agribisnis angkatan 2022 dalam rangka Kuliah Lapang.

Baca juga : FTan UMJ Jalin Kerja Sama Lakukan Pengembangan Smart Agriculture

Dekan FTan UMJ Dr. Ir. Sularno, M.Si menyampaikan, agenda tersebut sebagai bagian dari menuntut ilmu. “Kuliah Lapang akan membuka cakrawala berpikir mahasiswa ketika sudah lulus nanti tidak hanya menjadi pekerja saja, tetapi dapat menjadi pengusaha,” tuturnya.

Pada 21 Mei, Mahasiswa FTan diajak menelusuri area PT. Sido Muncul Tbk. di antaranya Lab Kultur Jaringan, Green House and Nursery Production, dan Agrowisata Sido Muncul. Rombongan ini didampingi oleh Tim Peneliti Pusat Penelitian Rempah Sido Muncul Nur Anisa Ramadhanti, SP., dan Humas Sido Muncul Melia Asti Agustiningrum, S.S.T.

Melia menerangkan, lulusan FTan UMJ yang memiliki perkebunan bisa bermitra dengan PT Sido Muncul Tbk. Kerja sama ini dapat dimulai dengan mengajukan permohonan suplai bahan baku menggunakan kelompok tani atau koperasi (tidak boleh perorangan).

“Setelah itu, membuat pernyataan kesanggupan suplai yang berkelanjutan sekaligus mengirimkan contoh bahan minimal 1 Kg, jika cocok nanti dibuatkan kontrak kerja sama dengan PT. Sido Muncul Tbk., ” jelas Melia.

Civitas academica FTan UMJ saat hadir di PT Sido Muncul Tbk. Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/05/2024).
Civitas academica FTan UMJ saat hadir di PT Sido Muncul Tbk. Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/05/2024) (Foto: Dok.FTan UMJ)

Kegiatan lainnya, mahasiswa FTan memanen, mencangkok, dan membuat makanan dengan bahan baku salak di Kebun Salak Omah Tani. Mereka dipandu oleh Pemilik Omah Tani Endang Setyo Murni dan Ketua Kelompok Tani Indra Atmojo.

Selain praktik bertani, mahasiswa diajarkan terkait impor dan ekspor salak, serta mengelola produksi salak dengan metode zero waste. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Wisata Petik Salak Organik Kusuma Mulya.

Kuliah Lapang adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar lingkungan kampus. Tujuannya yaitu memberikan pemahaman praktis tentang konsep-konsep akademis dan aplikasi teori dalam praktik yang dipelajari dalam kelas.

Kuliah Lapang mengunjungi PT Sido Muncul Tbk. dan Kebun Salak Omah Tani ialah kegiatan wajib mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknologi Produksi, Teknologi Budi Daya Tanaman, Strategi Agribisnis, Studi Kelayakan, dan mata kuliah yang relevan lainnya.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa wajib membuat laporan individu untuk melengkapi nilai mata kuliah yang diikuti. Selain Sularno, Kuliah Lapang dihadiri juga oleh Penanggung Jawab Perjalanan Kuliah Lapang Nofyan Safri, S.Sos.I., dan dosen FTan UMJ.

Editor: Dinar Meidiana