FT UMJ Studi Banding ke Madrasah International Techno Natura

Oleh :
Dinar Meidiana
FT UMJ Studi Banding ke Madrasah International Techno Natura
Wadek I FT-UMJ Ir. Nurul Hidayati Fithriyah, S.T., M.Sc., Ph.D, Wadek II FT UMJ, Ir. Harwidyo Eko Prasetyo, S.T., M.T., , Dosen FT UMJ Yana Adharani, S.Si., M.Kom. , Kepala Madrasah TechnoNatura A. Riza Wahono, Kepala Sekolah Madrasah MTS Arie Nurul Hatta, Mahasiswa FT-UMJ, dan Siswa Madrasah Internasional TechnoNatura, Rabu (31/1/2024) (Foto: Dok.FT UMJ)

Dalam rangka meningkatkan restasi mahasiswa di bidang robotik ke kancah internasional, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) melakukan studi banding ke Madrasah Internasional Techno Natura, Rabu (31/01/2024). Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menjalin kerja sama dan berbagi ilmu serta pengalaman lomba yang sudah dilakukan oleh siswa Madrasah Techno Natura.

Baca juga : FT UMJ Buat Program Bantuan Biaya Pendidikan Melalui Dana Wakaf

Tampak para mahasiswa yang merupakan anggota dari Komunitas Core IT dan Robot Terbang megikuti rangkaian studi banding dengan antusias. Mereka didampingi oleh Wakil Dekan I Ir. Nurul Hidayati Fithriyah, S.T., M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan III Ir. Harwidyo Eko Prasetyo, S.T., M.T., dosen Teknik Informatika sekaligus pemibina Komunitas Core It dan Robot Terbang Yana Adharani, S.Si., M.Kom., dan jajaran staf kemahasiswaan FT UMJ.

Wakil Dekan I FT UMJ Ir. Nurul Hidayati Fithriyah, ST., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan rasa terima kasih pada jajaran pimpinan Madrasah Internasional Techno Natura. “Terima kasih telah memberikan kesempatan pada kami untuk berkunjung dan berbagi pengalaman di sekolah ini yang sudah berkiprah dan berprestasi di jenjang Internasional dibidang Robotik dan AI,” ungkapnya.

Pada rangkaian tersebut, mahasiswa FT UMJ diperkenalkan dengan tim FIRST Global Challenge (FGC). Tim tersebut adalah siswa yang telah mengikuti lomba tingkat internasional di antaranya di Switzerland dan Turkiye. Selain itu juga mahasiswa diperkenalkan dengan robot R-Cadia dan Artificial Intelligence Development yang digunakan dalam pembuatan robot.

Editor : Dinar Meidiana