FIP UMJ Dukung Pengembangan Pembelajaran STEM Coding

Oleh :
Nadiva Rahma
FIP UMJ Dukung Pengembangan Pembelajaran STEM Coding
Wakil Rektor 1 UMJ, Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., MKep (kiri) saat memberi sambutan pada kegiatan Indonesian Workshop Facilitator for STEM-Coding Learning 2023 di Gedung Business Center UMJ, Kamis, (14/12/2023). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) mendukung pengembangan pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics  (STEM) Coding dengan melaksanakan Indonesian Workshop Facilitator for STEM-Coding Learning 2023, Kamis, (14/12/2023) di Gedung Business Center UMJ.

Baca juga : Prodi PAUD UMJ Jadi Tuan Rumah Rakernas APG PAUD/PIAUD se-PTMA

Kegiatan yang diinisiasi oleh Perkumpulan Penggiat Sains Teknologi rekayasa Matematika Indonesia (PPSTEMI) berkolaborasi dengan ARTec Education Japan, Wow Learning Singapore, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA dan Center for Excellence of Lesson and Learning Studies (CELLS) Universitas Pendidikan Indonesia ini, diikuti oleh 29 dosen yang mengampu di bidang Pendidikan Sains, Teknologi, Kejuruan dan Matematika yang berasal dari 25 perguruan tinggi se-Indonesia dan menghadirkan empat orang fasilitator dari Wow Education Singapore dan Artec Japan.

Adapun dosen UMJ yang terlibat sebagai peserta dalam kegiatan ini berasal dari dua program studi yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Matematika. Keduanya merupakan program studi yang telah menerapkan pembelajaran STEM di FIP UMJ.

Wakil Rektor 1 UMJ, Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., MKep., Menyambut hangat kedatangan para peserta workshop. Pada kesempatan itu, ia menyatakan dukungannya atas kerja sama ini. Menurutnya kegiatan ini menjadi penting untuk mendukung pengembangan sarana pembelajaran. Hadi berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat.

Ketua Pengumpulan Penggiat Sains Teknologi Rekayasa Matematika Indonesia (PPSTEMI), Arif hidayat, M.Si., PhD Ed.,  menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan STEM khususnya STEM Coding kepada dosen. Dalam hal ini, peserta diberikan pemaparan materi yang berkaitan dengan pembelajaran STEM Coding mulai dari pembelajaran STEM Coding untuk tingkat dasar, menangani STEM Coding untuk tingkat dasar, pembelajaran STEM Coding untuk tingkat SMP dan SMA, dan fasilitasi pembelajaran STEM Coding serta tindak lanjutnya.

Arif berharap kegiatan ini dapat mendukung pengembangan STEM Coding dan bisa menyebar dengan baik. “harapannya para dosen kembali ke universitas masing-masing kemudian mendukung untuk mengembangkan STEM Coding dan bermitra dengan sekolah di lingkungan kampus,” Ungkap Arif.

Seusai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian Kit Pembelajaran STEM Coding kepada peserta kegiatan untuk mengembangkan pembelajaran STEM di lembaganya masing-masing. Melalui workshop yang akan berjalan selama dua hari hingga 14 Desember 2023, akan melahirkan 25 pusat studi kajian tentang STEM di masing-masing Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Ketua Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Dr. Muhammad Sofian Hadi, M.Pd., mengatakan ini merupakan ajang internasional pertama yang berkaitan dengan STEM yang diselenggarakan oleh FIP UMJ. “Semoga nanti akan ada kegiatan-kegiatan lainnya, tidak hanya STEM yang levelnya di Tingkat internasional,” Pungkas Sofian.

Editor : Dian Fauzalia