UMJ Berikan 1 Milyar Untuk Program Dana Pendidikan Abadi Muhammadiyah

Oleh :
Nadiva Rahma
Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prof. Ma'mun, M.Si., saat menerima sertifikat sebagai donatur yang diberikan oleh Bendahara Umum PP Muhammadiyah, Prof, Hilman Latief, M.A.,Ph.D. Sabtu (17/11/2023) di Sportorium UMY.
Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prof. Ma’mun, M.Si.,(kiri) saat menerima sertifikat sebagai donatur yang diberikan oleh Bendahara Umum PP Muhammadiyah, Prof, Hilman Latief, M.A.,Ph.D. (kanan) di Sportorium UMY, Sabtu (17/11/2023).

Universitas Muhammadiyah Jakarta memberikan 1 miliyar untuk program dana pendidikan abadi Muhammadiyah dalam acara Gerakan Infaq Pendidikan 111 yang dicanangkan tepat pada puncak perayaan Milad Muhammadiyah ke 111 dengan mengusung tema Ikhtiar Menyelamatkan Semesta, di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (18/11/2023).

Baca juga : Lazismu UMJ Salurkan Bantuan 103 Juta Untuk Palestina

Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si, memberikan donasi Gerakan Infaq Pendidikan 111 dengan kategori Diamond, “Sebagai kampus yang besar maka UMJ memilih kategori Diamond dengan jumlah sebesar 1 milyar”, ungkap Ma’mun saat dihubungi melalui telepon seluler.

Donasi diserahkan langsung oleh Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dan diterima oleh Bendahara Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sebagai kampus yang besar, UMJ menyatakan dukungannya untuk membantu sekolah-sekolah Muhammadiyah yang tidak mampu, termasuk juga memberikan apresiasi terhadap guru-guru di sekolah Muhammadiyah.

Pada kesempatan itu, Bendahara Umum PP Muhamamdiyah, Prof. Hilman Latief, M.A., Ph. D. mengatakan Gerakan Infaq Pendidikan 111 adalah upaya Muhammadiyah untuk memberikan akses terhadap pendidikan bagi anak-anak negeri di berbagai pelosok desa, mulai dari daerah terpencil sampai pulau terjauh memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan yang mungkin tak pernah dijangkau.

“Gerakan ini merupakan upaya Muhammadiyah yang tak pernah berkesudahan. begitu juga saat ini Muhammadiyah tak pernah lelah membangun,” ungkap bendahara umum PP Muhamamdiyah.

Pada milad ke-111 ini, muhammadiyah menyadari tantangan kedepan yang semakin berat. Oleh karena itu, Muhammadiyah terus mencoba meneguhkan diri sebagai organisasi masyarakat sipil islam yang dapat menjaga keberlanjutan pendidikan melalui dana badi sebagai bagian dari menjaga amanah pendiri organisasi Muhammadiyah.

Selain UMJ, turut berpartisipasi juga sebagai donatur untuk mendukung gerakan dana pendidikan 111 antara lain, Universitas Ahmad Dahlan, Unversitas Muhammadiyah Purwokerto, UHAMKA, Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan pemberian dana pribadi dari pimpinan-pimpinan Muhammadiyah.

Editor : Dian Fauzalia