Prodi Ilmu Administrasi Publik Gelar Visiting Lecture bertema E-Government

Oleh :
Kholifatul Husna
Ajeenkya DY Patil University (ADPYU) Prof. Khushali Oza asal India dipandu moderator Dini Gandini Purbaningrum, S.IP., MA. saat mempresentasikan E-Government Prctices in India, bertempat di Auditorium Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Kamis, (08/06/2023).

Progam Studi Ilmu Administrasi Publik dan Magister Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar Visiting Lecturer dengan mengusung tema  ‘E-Government Pratices In India. Kegiatan dilaksanakan secarang luring di Auditorium Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Kamis, (08/06/2023).

Menghadirkan Ajeenkya DY Patil University (ADPYU) dan Prof. Khushali OzaIndia sebagai pembicara untuk memberikan perspektif terkait penerapan E-Government di negara India dan dipandu oleh moderator Dini Gandini Purbaningrum, S.IP., MA. Gelaran Visiting Lecturer pun turut dihadiri oleh Kapodi Magister Ilmu Administrasi Dr. Izzatusholekha, S.Sos., M.Si., dan Kaprodi Ilmu Administrasi Publik Nida Handayani, S.IP., M.Si.

Khushali Oza menjelaskan good governance ciri tata kelola pemerintahan yang baik adalah  dengan mendengarkan kebutuhan masyarakat, dan memberikan solusi untuk masalah yang ada di masyarakat.

Tidak hanya itu, penggunaan sistem dan layanan ICT dalam e-government dapat menjadi solusi dalam mewujudkan tata kelola yang efisien dan efektif. E-government melibatkan beberapa pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, sektor bisnis, dan masyarakat.

Sementara itu, Khushali oza pun menyampaikan praktik e-government di India yang memiliki program dengan aplikasi dengan nama “Suwidha”. Aplikasi ini digunakan sebagai media pengaduan masyarakat India terhadap pelayanan publik yang diberikan pemerintah.

Aduan masyarakat wajib diselesaikan dalam waktu 24 jam sejak pelaporan. Program ini dianggap berhasil diimplementasikan di India. Khushali Oza menambahkan terdapat 65% proyek e-government telah selesai dan berhasil.

Meskipun masih menghadapi kendala di daerah pedesaan terpencil yang disebabkan oleh infrastruktur yang belum memadai dan masyarakat terbiasa memanfaatkan teknologi. Sistem e-government memiliki langkah strategis dalam mendorong transformasi pelayanan publik.

Melalui implementasi teknologi informasi dan komunikasi yang canggih, dengan penerapan e-government adalah bentuk upaya untuk memberikan akses yang lebih mudah, transparan, dan efisien kepada masyarakat.

Dihadiri lebih dari 100 orang baik kalangan akademisi dan mahasiswa Administrasi Publik. Terlihat antusiasme peserta yang pada sesi tanya jawab pada Visiting Lecture dapat menjadi wadah bagi para akademisi dan mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan membangun relasi internasional antara Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan Ajeenkya DY Patil University, India.