Romantisme HBH Keluarga Besar FKM UMJ

Oleh :
Kholifatul Husna
Halal Bi halal FKM UMJ
Suasana Temu Kangen dan Halal Bi Halal Keluarga Besar FKM UMJ di Gedung FKM UMJ, Minggu (14/5/2023).

Romantisme Temu Kangen dan Halal Bi Halal (HBH) Keluarga besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ) menjadi gelaran Reuni Akbar Alumni FKM UMJ dengan mengusung tema Sambut 25 Tahun Reuni Akbar 2025 Langkah Maju Dalam Kebersamaan, di Loby Gedung FKM UMJ, Minggu (14/5/2023).

Ketua panitia Dr. Mujazi, SKM, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan serangkaian acara temu kangen dan halal bi halal ini merupakan suatu kegiatan reuni akbar bersama alumni FKM dari tahun 1996 hingga 2018 untuk mengenang kembali masa-masa di bangku perkuliahan.

Selaras dengan itu, Ketua IKALUM FKM UMJ Dr. Selamat Riyadi, SKM, M.KKK. mengungkapkan dengan adanya reuni akbar ini tentu berharap kepada alumni FKM untuk dapat ikut berkontribusi membangun FKM UMJ berkemajuan di tahun 2025.

Wakil Dekan I FKM UMJ Dr. Munaya Fauziyah, SKM, M.Kes pun turut menceritakan Perjalanan panjang berdirinya FKM UMJ yang tidak terlepas dari kiprahnya di kampus UMJ dalam mendorong terselenggaranya sistem pendidikan kesehatan yang mampu merespons kebutuhan masyarakat.

Lebih Lanjut, Munaya menjelaskan saat itu FKM UMJ sejatinya berdiri sejak tahun 1996 melalui SK PP Muhammadiyah. Di tahun 2000, D3 Keperawatan bergabung dengan FKM yang saat itu berubah menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), diikuti dengan berdirinya S1 Keperawatan.

Kemudian, pada tahun 2002 karena melihat besarnya peluang untuk mengembangkan program studi bidang kesehatan lainnya serta mempelopori berdirinya program studi kedokteran. Akhirnya, FIKES berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) sesuai SK Dikti untuk izin operasional program studi kedokteran yang ditetapkan tahun 2003.

Setelah lebih dari 15 tahun bergabung bersama FKK, akhirnya tahun 2018 FKM UMJ secara resmi memisahkan diri yang secara kelembagaan berfokus pada penyelenggaraan dan pengembangan bidang studi keilmuan kesehatan masyarakat berdasarkan SK Rektor UMJ.

Dibawah pimpinan Dr. Andriyani, M.Kes. saat ini FKM UMJ memiliki dua jenjang program studi, yaitu S1 Kesehatan Masyarakat dan S2 Kesehatan Masyarakat dan kemudian akan menyusul di tahun 2024 S3 Kesehatan Masyarakat.

“Tentunya kami berharap dengan adanya temu kangen ini selain sebagai bentuk romantisme nostalgia alumni FKM UMJ untuk mengenang masa-masa kuliah, kami membutuhkan dukungan serta kontribusi teman-teman alumni untuk mempertahankan akreditasi unggul FKM UMJ setelah penantian 25 tahun lamanya,” ungkap Munaya.

Rangkaian acara temu kangen dan HBH FKM UMJ diawali dengan penyerahan sembako secara simbolis dari komunitas Sedekah Beras kepada karyawan FKM UMJ. Komunitas Sedekah beras merupakan komunitas yang dinaungi oleh alumni FKM UMJ angkatan 2000.

Dalam hal ini ketua komunitas Sedekah Beras Eki Widiasyah mengatakan bahwa komunitas sedekah beras ini merupakan inisiasi alumni angkatan 2000 untuk mendukung pergerakan dompet Duafa berawal dari perbincangan grup WA tentang fenomena banyaknya kaum duafa dan fakir miskin di Indonesia.

“Secara konsisten setiap hari jum’at kami membuka waqaf sodaqoh yang nantinya akan di donasikan berupa sembako kepada fakir miskin atau duafa, maka kami berharapa kepada seluruh alumni FKM UMJ turut andil dalam kegiatan sosial ini,” jelas Eki.

Dilanjut dengan testimoni oleh empat alumni FKM UMJ seperti Adv. DR. H. Mahmudin, SH, SKM, M.Kes (Advokat & Praktisi Pendidikan), Eva Rosita, S. KM, M.Epid (Enterpreneur & Konsultan Kesehatan), Kurniawan, SKM, MKM. (Praktisi K3 BUMN PT Waskita Karya dan bisnis kecantikan), dan Jabaludin, SKM. (Praktisi kemanusiaan dan Sosial Dompet Dhuafa).

Suasana hangat kekeluargaan sangat terasa, terlebih ketika seluruh keluarga besar FKM UMJ saling bersalaman dan bermaafan. Rangkaian acara semakin meriah dengan adanya penampilan dari mahasiswa FKM UMJ.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/