PSPP UMJ dan DEKS BI Lakukan Survei di Pesisir Kalimantan Barat

Oleh :
Dinar Meidiana
Tim PSPP UMJ dan DEKS BI kunjungi Desa Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas, Kalimantan Barat.

Pusat Studi Perbatasan dan Pesisir (PSPP) Universitas Muhammadiyah Jakarta bersama Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (DEKS BI) melakukan survei lokasi program Desa Berdikari di Desa Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas, Kalimantan Barat, (10-14 Mei 2023). Survei dilakukan dalam rangka persiapan menyusun blueprint model bisnis desa berdikari oleh PSPP UMJ sebagai pilot project baru 2023 yang ditunjuk DEKS BI.

Selama lima hari, survei dilakukan dengan mengunjungi lokasi-lokasi usaha nelayan perikanan laut di antaranya udang vaname, kilang ubur-ubur, dan pendaratan ikan dari laut. Desa Sebubus ditetapkan sebagai desa wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak 2019. Karenanya, tempat wisata penyu di Tanjung Api merupakan salah satu lokasi survei.

Kegiatan yang dilakukan PSPP ini merupakan lanjutan dari riset pemetaan potensi sumber daya alam, pemetaan sosial (social mapping), identifikasi masalah dan daya dukung stakeholder terkait yang dilakukan pada November 2022 lalu.

Baca Juga : PSPP UMJ Gandeng BI Berdayakan Potensi Sumberdaya Lokal Daerah Pesisir

“Setelah melakukan riset pemetaan di beberapa desa di ekor Kalimantan, kami memutuskan melakukan piloting di Desa Sebubus. Kami akan bekerjasama dengan para stakeholder, terutama para nelayan,” ungkap Ketua PSPP Dr. Endang Rudiatin, M.Si.

Endang menambahkan bahwa mplementasi model bisnis akan diawali dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PSPP UMJ dan DEKS BI. Dalam hal ini PSPP UMJ membuat tahapan pelaksanaan selama empat tahun dan tidak menutup kemungkinan akan muncul usaha-usaha pendukung.

PSPP UMJ adalah lembaga profesi/keilmuan para dosen/staf pengajar dari berbagai disiplin ilmu, dan para penggiat sosial budaya, praktisi, dan pemerhati dalam lingkup regional, nasional, maupun internasional yang berfokus pada studi perbatasan dan pesisir.

Kegiatan survei didampingi oleh Pengurus Pimpinan Daerah dan Cabang Muhammadiyah setempat. Tim PSPP UMJ dalam program ini beranggotakan tiga orang yaitu Endang Rudiatin, Mawar, Tri Hidayat S. Sementara dari DEKS BI yang turut serta dalam kegiatan survei yaitu Wahyu Ega dan Akbar Rafdi. Kedua belah pihak oleh disambut baik oleh pimpinan setempat mulai dari Kepala Desa Sebubus hingga Camat Paloh. (DN/KSU)

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/