Keluarga Besar UMJ Ikuti HBM 5

Oleh :
Dinar Meidiana
HBM 5 dan Halal bi halal UMJ
Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed., Dr. Ma’mun Murod, M.Si., Ir. Irfan Purnawan, S.T. M.Chem.Eng., dalam Halal Bi Halal dan Hari Bermuhammadiyah 5 di Auditorium KH A Azhar Basyir, Gedung Cendekia Center UMJ, Senin (08/05/2023).

Keluarga besar Universitas Muhammadiyah Jakarta serangkaian kegiatan Hari Bermuhammadiyah 5, di Auditorium KH. Azhar Basyir, Gedung Cendekia Center UMJ, Senin (08/05/2023). Kegiatan mengusung tema Peningkatan Spirit IPTEK untuk Solusi Permasalahan Keummatan ini digelar sekaligus Halal Bi Halal keluarga besar UMJ.

HBM kali ini dilaksanakan oleh Fakultas Teknik sebagai tim teknis kegiatan. Dekan Fakultas Teknik UMJ Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng., melaporkan bahwa HBM 5 menghadirkan tiga alumni Fakultas Teknik yang berkiprah di bidang ekonomi, bisnis, dan lembaga pemerintah, serta melibatkan komunitas mahasiswa FT UMJ.

Beberapa komunitas yang tergabung, berkesempatan menampilkan prestasi berupa karya ilmiah dan teknologi seperti robot, go cart, dan robot terbang. Komunitas yang bergabung yaitu Komunitas Robot Terbang Indonesia, Komunitas Robot Informatika, dan Himpunan Mahasiswa. Selain itu sivitas akademika UMJ juga dapat melakukan konsultasi desain bangunan gratis dengan ahli desain bangunan yang merupakan dosen Prodi Teknik Arsitektur di Klinik Arsitektur UMJ.

Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa pada momentum Halal Bi Halal dan Hari Bermuhammadiyah 5 ini dapat dijadikan sebagai peningkatan dalam menguatkan tantangan UMJ terkait dengan akreditasi institusi menuju unggul yang akan dilaksanakan September mendatang. 

Selain itu, Ma’mun menghimbau pada warga Muhammadiyah agar bijak dalam mengambil sikap terhadap polemik yang sempat terjadi berkaitan dengan pandangan Muhammadiyah dalam beribadah. Menurutnya sikap bijak diperlukan agar tidak menjadi bumerang untuk persyarikatan Muhammadiyah.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta Dr. Akhmad H Abubakar, MM., di hadapan keluarga besar UMJ dan ortom Muhammadiyah menghimbau agar Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah dapat dipelihara dan dipertahankan.  

Rangkaian HBM 5 diawali dengan testimoni tiga alumni FT UMJ Ir. Deddy Harsono, M.BA. (Direktur Banshu Group) dan Dr. Hanief Arief, S.T., M.AP. (BRIN Analisis Kebijakan Ahli Madya Ivb), dan Yuliansyah, S.T., MEI., CFP., (CEO Gilang Group). Agenda dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara UMJ dengan PT Gilang Group dan Lembaga Sertifikasi K3 Konstruksi.

Kerja sama dengan Gilang Group dilakukan dalam lingkup program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sementara dengan LSKK dilakukan dalam lingkup rangkaian sertifikasi K3 konstruksi mulai dari pembekalan hingga uji kompetensi.

HBM 5 dan Halal bi halal UMJ
Pimpinan UMJ dan tamu undangan seusai Halal Bi Halal dan Hari Bermuhammadiyah 5 di Auditorium KH A Azhar Basyir, Gedung Cendekia Center UMJ, Senin (08/05/2023).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah yang juga Ketua Badan Pembina Harian UMJ menyampaikan ceramah Halal Bi Halal tentang pentingnya IPTEK bagi umat Islam dalam mengamalkan ibadah. “Ilmu itu menjadi prasyarat untuk kita bisa beribadah dengan sempurna. IPTEK menjadi sangat penting untuk kita beribadah secara sempurna dan sebaik-baiknya,” tegas Mu’ti.

Suasana hangat kekeluargaan sangat terasa, terlebih ketika seluruh keluarga besar UMJ saling bersalaman dan bermaafan. Rangkaian acara semakin meriah dengan adanya penampilan musik dari Music of Us yang merupakan komunitas mahasiswa FT UMJ, Goes Plus Band, dan ratusan hadiah doorprize di antaranya umrah, motor, barang-barang elektornik dan voucher belanja.

Turut hadir para Wakil Rektor, Dekan, dosen, dan mahasiswa di lingkungan UMJ, Halal Bi Halal dan HBM 5 juga diikuti oleh kurang lebih seribu orang yang merupakan sivitas akademika UMJ, organisasi otonom Muhammadiyah, ketua RT dan RW di lingkungan UMJ.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/