International Seminar dan Joint Research Sekolah Pascasarjana UMJ dan Fatoni University

Oleh :
Saiful Bahri
UMJ dan Fatoni University
Pimpinan Sekolah Pascasarjana UMJ, Wadek, Dosen FIP UMJ, Dosen PTIQ dan Fatoni University di Pattani Thailand, Kamis (18/05/2023).

Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan International Seminar dan Joint Research di Pattani, Thailand, bekerjasama dengan Fatoni University pada tanggal 18-19 Mei 2023. Tema yang diangkat dalam seminar ini adalah “Strengthening Cultural Organization of Islamic Education Based on Information and Communication Technology”.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Thailand-Malaysia International Edutrip SPS UMJ 2023, 17-20 Mei 2023 yang diikuti oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UMJ Prof. Dr. Masyitoh, Sekretaris SPS, Prof Dr. Herwina Bahar, Kaprodi S3 Manajemen Pendidikan Islam Dr. Saiful Bahri, dan Kaprodi S2 Teknologi Pendidikan Dr. Ahmad Suryadi, serta tendik SPS UMJ. Turut dalam rombongan Wadek 1 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UMJ, Ismah, M.Si., Wadek 3 Azmi Al Bahij, M.Si, UPPM FIP Hastri Rosiyanti, M.PMat., para kaprodi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UMJ, mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan, dan mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Islam. Turut membersamai kegiatan ini Direktur Pascasarjana Universitas PTIQ Jakarta, Prof. Dr. Darwis Hude beserta pimpinan pascasarjana dan dosen PTIQ.

Seminar Internasional dimulai pada pukul sembilan pagi waktu setempat. Wakil Rektor Bidang Hubungan Internasional, Assoc. Prof. Dr. Ahmat Umar Japakia, menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara. Tampil sebagai pembicara kunci pada Plenary Session Dr. Musakkir Himphinit, Wakil Dekan Fakultas Pendidikan Fatoni University dan Prof. Dr. Masyitoh, Direktur SPS UMJ.

Setelah Plenary session, dilaksanakan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dan MoA (Memorandum of Agreement) antara Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Fatoni University, dalam hal ini Sekolah Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Fakultas Pendidikan Fatoni University. Para kaprodi dari Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ dan Fatoni University turut menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama (SPK).

Penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dan MoA (Memorandum of Agreement) antara Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Fatoni University di Pattani Thailand, Kamis (18/05/2023).

Pada Pararel Session dipaparkan hasil penelitian bersama (joint research) yang terdiri dari dosen sekolah pascasarjana UMJ yang diketuai oleh Prof. Dr. Herwina Bahar dan beranggotakan Dr. Ahmad Suryadi dan Dr. Saiful Bahri, serta dosen Fatoni University, Dr. Abdulrahman Sama’alee dan mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Islam asal Pattani, Yahaya Niwae. Joint reserch ini meneliti Model Budaya Mutu dalam Peningkatan Madrasah Pembangunan UIN Jakarta Indonesia dan Ma’had al-Ulum ad-Diniyah Thailand. Para pembicara menyampaikan berbagai tema pada sesi pararel. Tampil sebagai pembicara para mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Islam UMJ dari Indonesia Risma Muhtar dan Abu Yazid dan dari Thailand Isman Jarong, Yahaya Niwae dan Shalahuddin, mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan UMJ, Hayatunnufus dan Revilia Milawati. Para dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ mempresentasikan berbagai macam tema penelitian.

Artikel-artikel yang dipresentasikan dalam seminar internasional kali ini direncanakan akan diterbitkan dalam prosiding internasional yang menggabungkan dua kegiatan seminar internasional, yaitu sesi pertama yang diadakan pada 31 Januari-1 Februari 2023 di Istanbul bekerjasama dengan Ibnu Haldun University dan sesi dua yang saat ini sedang berlangsung.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan bertukar cinderamata. Kemeriahan acara seminar internasional di Pattani ini terlihat dari antusiasme para alumni UMJ yang ramai mendatangi kegiatan ini, serta para alumni berbagai perguruan tinggi Indonesia yang berasal dari Pattani.

Kegiatan dijeda dengan istirahat dan makan siang. Kemudian dilanjutkan dengan acara International Overseas Guest Lecture Program di Jamiah Islam Syeikh Daud al-Fathoni (JISDA) Thailand.

Rektor JISDA, Assoc Prof Abdul Rasyid, menyambut hangat kedatangan rombongan dari UMJ. Turut hadir dalam kesempatan ini, Dekan Fakultas Tarbiyah JISDA beserta pimpinan Ma’had JISDA. Kedatangan rombongan SPS UMJ ke JISDA adalah untuk menandatangai perpanjangan MoU antara UMJ dan JISDA yang pernah dilaksanakan berberapa tahun lalu. Di samping itu, para dosen dan kaprodi Fakultas Ilmu Pendidikan masuk ke beberapa kelas di Ma’had JISDA sebagai guest lecture.

Saat ini, santriwan dan santriwati Ma’had JISDA berjumlah lebih dari enam ribu orang. JISDA dikenal sebagai kampus di Thailand Selatan yang memiliki konsen terhadap pembelajaran ilmu-ilmu syariah dan studi Islam, baik di tingkat sekolah menengah maupun perguruan tinggi.

Editor : Tria Patrianti