FKM UMJ Adakan Muhammadiyah International Public Health And Medicine Conference Ke-3 di Juli Mendatang

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
FKM International Conference

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ) akan kembali menyelenggarakan The 3rd Muhammadiyah International Public Health And Medicine Conference (MIPHMC) yang bertemakan Demographic Dividend Towards The Transformation Of Health Services. Kegiatan yang digelar secara daring ini akan dilaksanakan selama dua hari, (27-28/07/2023).

Wakil Dekan I FKM UMJ, Dr. Munaya Fauziah, SKM, M.Kes., menjelaskan tema yang diangkat pada MIPHMC tahun ini merupakan bentuk antisipasi dari peristiwa bonus demografi yang akan melanda Indonesia di tahun 2030.

Menurut penelitian, Indonesia akan mencapai puncak demografi pada tahun 2030. Bonus demografi adalah keadaan di mana jumlah penduduk suatu negara mengalami peningkatan di usia produktif yang diikuti dengan berkurangnya angka kelahiran dan kematian.

“Bonus demografi ini banyak tantangannya. Salah satunya, apakah penduduk usia produktif ini mampu meningkatkan nilai ekonomi yang berpengaruh pada kemampuan mereka untuk menyediakan pelayanan kesehatan bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar,” tukas Munaya.

Sisi lain dari bonus demografi dapat berakibat buruk jika penduduk di usia produktif mengalami stuck ekonomi menengah dan tidak mampu untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dengan demikian akan terjadi ledakan penduduk tanpa persiapan yang matang.

Oleh karenanya, The 3rd MIPHMC akan menghadirkan beberapa narasumber ahli dari negara internasional yang sudah menghadapi bonus demografi, di antaranya Prof. Juliana Jalil (Putra Malaysia University), Assoc. Prof. Dr. Kraichat Tantrakarnapa (Mahidol Thailand University), Prof. How-Ran Chao (National Pingtung University of Science and Technology), dan Assoc. Wesan Al-Madhoun (Gaza University). Selain itu, FKM juga mengundang Prof. Asnawi Abdullah ,BSc.PH, MHSM, MSc.HPPF,. DLSHTM, PhD (Universitas Muhammadiyah Aceh), dan Prof. Anwar Mallongi,. SKM., MSc., Ph.D. (Universitas Hasanuddin).

Kegiatan MIPHMC bertujuan untuk menyampaikan kepada mahasiswa, akademisi, dan praktisi kesehatan mengenai perkembangan keilmuan kesehatan tentang bonus demografi yang berkaitan dengan transformasi pelayanan kesehatan.

Editor : Tria Patrianti