Penguatan Risalah Islam Berkemajuan menjadi Agenda Muhammadiyah

Oleh :
Wildan Mutaqin
Penutupan Pengkajian Ramadan, Islam Berkemajuan
Kiri ke kanan: Prof. Hilman Latief, M.A.,Ph.D, Prof. Muhadjir Effendy, M.AP., Subekti, S.Pd., Rita Pranawati, M.A.

Ketua PP Muhammadiyah Dr. Agung Danarto menyebut agenda Muhammadiyah ke depan adalah penguatan Risalah Islam Berkemajuan. Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan untuk menutup Pengkajian Ramadan di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA, Minggu (02/04/2023).

“Mari kita terapkan dan aktulisasikan Risalah Islam Berkemajun sebagai ciri khas dakwah Muhammadiyah, gerakan Islam harus maju dan terus memberikan manfaat Seluas-luasnya,” ungkap Agung.

Baca juga : Muhadjir Effendy: Tiga Variabel Utama Islam Berkemajuan

Konsep Risalah Islam Berkemajuan adalah keputusan dari Muktamar Muhammadiyah dan sudah menjadi dokumen resmi bagi Persyarikatan Muhammadiyah agar bisa menjadi rujukan  yang jelas. “Konsep Islam Berkemajuan sudah diputuskan dan siap menjadi rujukan,” jelas Agung.

Agung juga mengingatkan bahwa Muhammadiyah harus terus melakukan pengkajian di setiap level pimipinan masing-masing, karena pengkajian menjadi ciri khas dari Muhammadiyah. “Sebagai warga Muhammadiyah syiar pengkajian harus kita hidupkan,” ucap Agung.

Peserta pengkajian Ramadan memenuhi Aula FKIP UHAMKA, Minggu (02/04/2023).

Dr. Faiz Rafdhi, M.Kom., Wakil Ketua MPKSDI, dalam sambutannya sebagai perwakilan panitia menyampaikan peneguhan idiologi sangat penting untuk terus dilakukan lewat pengkajian-pengkajian konstruktif bagi warga Muhammadiyah agar terus menumbuhkan semangat keislamanya sebagai organisasi berkemajuan.

Dalam kesempatan yang sama Prof. Gunawan Suryoputro, Rektor UHAMKA, dalam sambutanya mengingatkan kepada semua peserta yang hadir untuk terus meneruskan Risalah Islam Berkemajuan untuk diimplementasikan di daerah Masing-masing. “Tugas kita berikutnya harus lebih masif di daerah, wilayah, dan cabangnya masing-masing,” ucap Gunawan.

Pengkajian Ramadan 1444 H ini diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan, kader, dan organisasi otonom Muhammadiyah yang berlangsung selama tiga hari dari Jum’at (31/03/2023) hingga Ahad (2/4/2023). Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta turut serta dalam rangkaian kegiatan yang digelar atas kerja sama PP Muhammadiyah dan UHAMKA tersebut. Selain itu, UMJ juga turut terlibat dalam tim pelaksana kegiatan. (WM/KSU)

Editor : Budiman