Pameran Fotografi UMJ, Tangkap Potret Kehidupan Jalan Raya

Oleh :
Mamay Nurbayani
Suasana pameran fotografi MPF Analog, bertempat di Hall Badminton UMJ, Rabu (15/03/2023).
Suasana pameran fotografi MPF Analog, bertempat di Hall Badminton UMJ, Rabu (15/03/2023).

Lembaga Mahasiswa Pecinta Fotografi (MPF) Analog menggelar pameran fotografi di Hall Badminton UMJ, pada Rabu (15/03/2023). Pameran ini mengusung tema “Kegaliban”  untuk menunjukkan potret kebiasaan atau kelaziman di kehidupan jalan raya. Foto-foto yang dipamerkan berasal dari 17 pameris yang merupakan anggota MPF Analog angkatan IX.

Pada pameran ini ditampilkan 22 foto yang menunjukkan gambaran dari keseharian orang-orang di jalan raya. Mulai dari penjaga palang pintu, pedagang yang berjualan di trotoar, penggunaan fasilitas umum, pengguna motor yang tidak menaati aturan, hingga potret pedagang asongan yang memberikan kabar kepada orang terkasih di kampung halaman.

Baca juga : FT UMJ Gelar Pameran Arsitektur

Himas Alhani, Ketua Pelaksana Pameran Fotografi MPF Analog, mengatakan pameran ini merupakan hasil dari RTL (Rencana Tindakan Lanjut) setelah Diklat (Pendidikan dan Latihan) yang dilakukan oleh lembaga MPF. “Kegaliban memiliki makna mendalam, sebab aktivitas positif dan negatif kehidupan sehari-hari dapat terekam dan menjadi sebuah pelajaran untuk audiens. Karya yang dipamerkan merupakan foto dan deskripsi hasil kurasi oleh kurator,” jelas Himas.

Pada kesempatan yang sama Ketua MPF Analog, Abdul Muiz Aldzakir, menjelaskan bahwa foto yang ditampilkan memperlihatkan budaya kehidupan jalanan di Jakarta. “Ada perilaku baik dan buruk, namun kita ingin menggambarkan bahwa inovasi dunia fotografi dapat ditemukan pada proses kehidupan sehari-hari,” kata Abdul.

Pameran MPF Analog berlangsung hingga Kamis, 16 Maret 2023. Tercatat 80 audiens telah mengunjungi pameran pada Rabu (15/03/2023). Acara ini turut dimeriahkan penampilan seni musik oleh lembaga musik FISIP UMJ Pervagatus.

MPF Analog merupakan Lembaga Semi Otonom (LSO) di bawah naungan BEM FISIP UMJ. Lembaga ini  membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam bidang fotografi dengan menggunakan kamera analog, kamera digital, dan kamera lubang jarum. (MN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/