76 Qori UMJ Ikuti Lomba PENSIL UMJ

Oleh :
Putri Rachmawati
MTQ UMJ
Suasana MTQ tingkat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta, di Gedung Business Center UMJ, Rabu (15/03/2023).

Menyambut bulan Ramadhan 1444 H, Bidang Kemahasiswaan UMJ mengadakan perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Rabu (15/03/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari perlombaan Pekan Seni, Ilmiah, dan MTQ (PENSIL) yang digelar khusus untuk mahasiswa aktif UMJ.

Perlombaan MTQ berlangsung di Gedung Business Center UMJ selama dua hari hingga 16 Maret 2023 mendatang. Sebanyak 76 mahasiswa mengkuti lomba MTQ dengan empat kategori yaitu Musabaqah Tartil Qur’an, Musabaqah Hifzil Qur’an, Musabaqah Fahmil Qur’an, dan Musabaqah Syahrik Qur’an.

Baca juga : Benyamin Davnie: MTQ Ciptakan Nuansa Religius dan Hadirkan Kesejukan Batin Masyarakat

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini, ditujukan untuk mempersiapkan qori yang mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional. Dosen yang tergabung dalam Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al Islam Kemuhammadiyahan turut membimbing dan memberikan penilaian pada lomba tersebut. Penilaian dilakukan tidak hanya dari segi keindahan suara tapi juga bacaan Al-Qur’an.

MTQ UMJ 2023
Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Chandra, S.H., M.H. saat Sambutan Acara Lomba PENSIL & MTQ UMJ di Aula Lantai 4 Business Centre UMJ. Rabu, (15/3/2023)

Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya MTQ agar mahasiswa yang memiliki bakat pada bidang keagamaan dapat terjelajah dengan baik. “Kampus tidak boleh berdiam diri, harus menyediakan wadah, terutama bidang MTQ ini agar bisa meraih prestasi pada tingkat internasional,” ucap Septa.

Septa sangat mendukung mahasiswa untuk melatih kemampuannya dalam MTQ. Ia berpesan pada para mahasiswa agar memiliki persiapan yang maksimal dengan berlatih supaya dapat mempersembahkan penampilan terbaik. (PR/KSU)