Dosen FKM UMJ Raih Prestasi Internasional

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Prestasi Dosen FKM UMJ
Kiri ke kanan: Organising Secretary Dr. Gajendra Vikram Singh, Dosen FKM UMJ Nanda Safira, SKM., M.Sc., dan Professor & Head, Department of Pulmonary Medicine, Govt. Medical College, Patiala Dr. Vishal Chopra, di Jaypee Palace Hotel & Convention Center, Agra, Uttar Pradesh, India, Rabu (01/03/2023).

Nanda Safira, SKM., M.Sc., Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ) meraih prestasi internasional, yaitu Best Presenter dan Best Research Papers pada 77th National Conference of Tuberculosis & Chest Diseases (NATCON) 2022 Agra. Kegiatan diselenggarakan di Jaypee Palace Hotel & Convention Center, Agra, Uttar Pradesh, India, Senin sampai Rabu (27/02-01/03/2023).

Dari 1000 abstrak yang terkumpul dari berbagai negara antara lain India, Ukraina, Afrika Selatan telah terseleksi di NATCON 2022 Agra. Namun hanya 10 Best Research Papers saja yang dipresentasikan dan artikel riset Nanda berhasil masuk ke dalam 10 paper terbaik.

Baca juga : Pustakawan UMJ Raih Prestasi Nasional

Nanda mempresentasikan paper berjudul Delivery of Ask, Brief advice, and Cessation Support (ABC) Intervention and Smoking Relapse Among Tuberculosis Patients Who Were Former Smokers di Hall C Jaypee Palace Hotel & Convention Center, Senin (28/02/2023). Lagi-lagi, Nanda sukses menjadi presenter terbaik diantara sembilan presenter lain.

Nanda senang karena NATCON 2022 Agra yang bertemakan Tuberkulosis (TB) selaras dengan penelitian S2 miliknya. “Saya menekuni penyakit TB secara mendalam karena penelitian saya juga tentang TB dan faktor risikonya yaitu merokok. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat untuk membantu dan memberikan informasi terkait penanganan TB di Indonesia,” ujar Nanda saat dimintai keterangan via daring, Jum’at (10/03/2023).

Penyakit TB masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, ditambah jumlah perokok di Indonesia yang sangat tinggi. Perilaku merokok merupakan salah satu faktor meningkatnya insiden kasus TB, dan perokok yang terdiagnosa TB. Menurutnya, perilaku tersebut harus dapat dibantu agar dapat dihentikan.

Penerima beasiswa S2 di Epidemiology Department, Medical Faculty, Prince of Songkla Thailand dari National Institutes of Health (NIH) ini, berharap dapat meningkatkan ilmu terkait topik yang dibawakannya dan dapat mengikuti konferensi baik di dalam maupun luar negeri, serta bisa membagikan ilmu dan pengalaman yang dimiliki untuk mahasiswa UMJ. Nanda menilai bahwa pengalamannya tidak boleh berhenti hanya pada dirinya, tetapi para mahasiswa UMJ bisa melakukan hal yang sama bahkan lebih luas lagi.

Nanda merupakan dosen yang pernah menerima beasiswa penuh dari The Union untuk presentasi oral pada The 50th Union World Conference on Lung Health pada tahun 2019 di Hyderabad, India, serta The 52th Union World Lung Health secara virtual pada tahun 2021. Sebelumnya, abstrak hasil penelitiannya juga terpilih pada The 8th Asia Pacific Region Conference of International Union Againts Tuberculosis and Lung Disease, yang digelar secara virtual dan diselenggarakan oleh the Hong Kong Tuberculosis, Chest and Heart Diseases Association.

NATCON 2022 Agra yang mengusung tema Back to The Basics and Beyond in TB Elimination diselenggarakan oleh Departemen Tuberkulosis dan Penyakit Pernapasan, S.N. Medical College, Agra bekerja sama dengan UP TB Association & The Union, Wilayah Asia Tenggara di bawah naungan Asosiasi TB India. Rangkaian kegiatan juga diisi dengan workshop TB dan Conference Scientific Programme TB. (QF/KSU)