Menko PMK Muhadjir: Muhammadiyah adalah Medan Jihad

Oleh :
Kholifatul Husna
Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy. M.A.P.
Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy. M.A.P. saat menyampaikan materi Kesalehan Sosial: Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menuju SDM berkualitas dan berdaya saing serta sejahtera bertempat Auditorium FISIP UMJ, Minggu (26/2).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy. M.A.P., menyebut Muhammadiyah sebagai medan jihad. Hal tersebut disampaikan dalam Pendampingan Psikososial dan Spiritual Bagi Relawan Sosial Se-DKI Jakarta, di Aula Kasman SIngodimedjo FISIP UMJ, Minggu (26/02).

“Seluruh usaha Muhammadiyah itu sejatinya merupakan jihad fii sabiilillah, yang menurut Tarjih disebut sebagai badlul-juhdi atau usaha yang sungguh-sungguh sebagai jalan yang membawa pada keridhaan Allah dengan cara menegakkan kalimat-Nya dan menerapkan hukum-hukum-Nya,”ungkap Muhadjir saat menjadi pembicara utama.

Muhadjir mengaitkan makna jihad dengan ilmu yang diajarkan KH. Ahmad Dahlan pada muridnya yang diambil dari QS. Al-Maun dan QS. Ali Imran ayat 142. Jihad dilakukan dengan jiwa, pikiran, harta, tenaga dan usaha yang sungguh-sungguh untuk memajukan kehidupan umat dan bangsa. Sebagaimana yang dilakukan Muhammadiyah melalui berbagai amal usaha dan berimplikasi pada perubahan kualitas hidup umat.

Sebagaimana tema yang diusung yaitu Kesalehan Sosial Persyarikatan Sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan dan Spiritual Masyarakat, Muhadjir berpesan agar PWM DKI Jakarta dapat mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah terutama sektor pendidikan dan layanan kesehatan dalam menyongsong perubahan DKI Jakarta yang nantinya tidak lagi menjadi Ibu kota Indonesia.

“Mohon dirancang betul strategi dalam mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah di wilayah DKI kalau tidak salah ada 82 sekolah muhammadiyah dan 5 rumah sakit yang itu harus diperhatikan saat menyongsong perubahan DKI yang tidak lagi menjadi Ibu kota Indonesia,” ungkap Muhadjir.

Kegiatan tersebut digelar oleh Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MPS PWM) DKI Jakarta dalam rangka menyemarakkan Musyawarah Wilayah (Musywil) ke 22 PWM DKI Jakarta yang akan dilaksanakan 10-11 Maret 2023 mendatang.

Ketua PWM DKI Jakarta KH. Sun’an Miskan, Lc., turut hadir membuka secara resmi dan memberikan pendampingan terkait dengan kebencanaan dan pemberdayaan kaum mustadl’afin (kaum yang lemah dan dilemahkan) dalam perspektif agama Islam.

Senada dengan Menko PMK, Sun’an menegaskan bahwa keberpihakan Muhammadiyah pada kaum mustadl’afin ialah atas dorongan KH. Ahmad Dahlan sebagaimana ajaran Islam dalam QS. Al Maun. Sun’an melaporkan bahwa Amal Usaha Muhammadiyah di DKI Jakarta dalam bentuk panti asuhan, anak yatim dan mustadl’afin, berjumlah 310 lembaga yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

Situasi Pendampingan Psikososial dan Spiritual Bagi Relawan Sosial Se-DKI Jakarta, bertempat Auditorium FISIP UMJ Minggu (26/2).

Serangkaian acara dilaksanakan pada kegiatan pendampingan sosial yang kemudian dilanjutkan dengan tiga sesi materi dan masing-masing terdapat dua materi yang harus peserta ikuti. Dukungan psikososial yang diberikan pasca bencana bertujuan untuk membantu meringankan beban psikologis dan mencegah reaksi psikologis negatif yang muncul pasca bencana yang berkembang menjadi lebih buruk.

Dukungan psikososial dapat mengembalikan individu, keluarga, masyarakat agar setelah peristiwa bencana terjadi dapat berfungsi optimal dan memiliki ketangguhan menghadapi masalah sehingga menjadi produktif dan berdaya guna kembali.

Acara dihadiri oleh Ketua Baznas DKI Jakarta Dr. Akhmad H. Abu Bakar, MM., Kepala Kantor Layanan Lazismu UHAMKA Drs. Nandi Rachman, M.Ag.,  Sekretaris BPH UMJ Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd., Warek  II UMJ Dr. Ir. Mutmainah, MM., Warek IV UMJ Dr. Septa Candra, S.H., M.H. serta tamu undangan dari Ortom Muhammadiyah, Amal Usaha Muhammadiyah, dan Rumah Sakit Muhammadiyah.(KH/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/