Mahasiswa FIK UMJ Jadi Pesilat Putri Terbaik

Oleh :
M. H Rizki
Dwi Tantri Permata saat menerima trofi Pesilat Putri Terbaik dalam Kejuaraan Pencak Silat UIJ Open Championship 2023 di GOR Cempaka Putih, Minggu (05/02).

Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ), Dwi Tantri Permata berhasil menjadi Pesilat Putri Terbaik dalam Kejuaraan Pencak Silat Universitas Islam Jakarta (UIJ) Open Championship 2023 di GOR Cempaka Putih, pada 4-5 Februari 2023. Selain Dwi, sebanyak 11 mahasiswa FIK UMJ lainnya turut memboyong prestasi pada kejuaraan ini.

Para atlet yang merupakan kader Tapak Suci Putra Muhammadiyah Cabang UMJ Cempaka Putih tersebut terdaftar dalam kelas A-F kategori tanding dewasa yang diikuti sebanyak 488 peserta. Lomba nasional ini diikuti dari tingkat dini (SD/MI), pra remaja (SMP/MTS), remaja (SMA/SMK/MA), hingga dewasa (mahasiswa/sederajat/umum).

Baca juga : Mahasiswa UMJ Sabet Juara di Silat APIK PTMA 2022

Lolita Maharani, Ketua Umum Tapak Suci Putra Muhammadiyah Cabang UMJ Cempaka Putih menyampaikan tanggapan terkait kejuaran yang telah diikuti oleh para atlet UMJ. “Event kejuaraan kemarin sangat mewadahi dan mensupport kami sebagai atlet bela diri dalam mengembangkan kemampuan dari segi fighter,” tutur Lolita saat dihubungi via pesan singkat, Rabu (15/02).

Ia menyampaikan bahwa mahasiswa yang mengikuti kejuaraan tersebut dilatih selama satu sampai dua bulan sebelum kompetisi dimulai. “Satu minggu mengikuti pelatihan sebanyak lima kali dan perharinya menghabiskan waktu 3 sampai 5 jam berlatih. Hasilnya mereka membawa pulang 1 piala Pesilat Putri Terbaik yang diraih oleh Dwi Tantri Permata, 3 medali emas, 3 medali perak, dan 4 medali perunggu di Kejuaraan Pencak Silat UIJ Open Championship 2023,” jelas Lolita.

Tim Tapak Suci Cabang UMJ Cempaka Putih saat menerima penghargaan di Gor Cempaka Putih, Minggu (05/02).

Lolita menghaturkan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan UMJ. Dukungan tersebut berupa bantuan beasiswa prestasi, penyediaan fasilitas, perlengkapan pertandingan, dan kebutuhan atlet lainnya. “Kami akan meningkatkan atau mempertahankan prestasi yang diraih, karena mempertahankan prestasi itu lebih sulit dibandingkan mencetak prestasi. Dan tentunya, kami akan terus mengikuti berbagai kejuaraan baik dari bidang seni maupun fighter di berbagai tingkatan,” harap Lolita.

UMJ memiliki dua Cabang Tapak Suci. Selain Tapak Suci Cabang Cempaka Putih, terdapat juga Tapak Suci Cabang Cirendeu. Prestasi yang diraih Tapak Suci Cabang UMJ Cempaka Putih pada tahun 2023 ini merupakan event pertama di awal tahun yang diikuti. (RZ/KSU)