Kuatkan Ekonomi Umat, FEB Gandeng UMKM Tangsel di HBM IV

Hj. Lista Hurustiati, S.H., M.H., (Pembina catering UCTS) saat memberikan sambutan, Sabtu (21/01)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ lakukan aksi nyata untuk mendukung Hari Bermuhammadiyah IV yang bertajuk Penguatan Ekonomi Umat dengan menggandeng pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tangerang Selatan.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Luqman Hakim, M.Si., Ak., menegaskan bahwa salah satu cara untuk menguatkan ekonomi umat adalah dengan membeli produk umat. “Cara yang kami (FEB) lakukan adalah dengan membeli dagangan umat, maka akan dipastikan para UMKM dikuatkan,” tegas Luqman, pada gelaran Hari Bermuhammadiyah IV, Sabtu (21/01).

Sebanyak 10 UMKM yang tergabung dalam komunitas Catering Tangerang Selatan (UCTS) binaan istri Walikota Tangsel Lista Hurustiati, S.H., M.H., turut berpartisipasi di HBM IV ini.

Baca juga : Menguatkan Ekonomi Umat dalam Hari Bermuhammadiyah IV

Lista mengapresiasi kegiatan Hari Bermuhammadiyah IV karena telah mendukung peranan UMKM dengan melibatkan Catering Tangerang Selatan (UCTS). Terlihat beberapa stand makanan tersaji di pelataran FEB dan Mesjid At Taqwa UMJ untuk dinikmati para tamu undangan dan peserta.

“Bentuk support yang luar biasa yang telah dilakukan oleh UMJ, sehingga produk yang diciptakan oleh UMKM kembali meningkat. Anggota UCTS yang 95% merupakan perempuan, berdampak besar pada penghasilan rumah tangga mereka.
sehingga terwujud.

Ketua Komunitas UCTS Daniel Herwanto, mengungkapkan bahwa makanan yang tersaji pada stand merupakan makanan khas Nusantara diantaranya nasi padang, gudeg, rujak aceh, ayam woku dan lain sebagainya. “Ada 3 jenis yang tersedia yaitu makanan berat, snack dan minuman, sehingga voucher yang diberikan kepada seluruh peserta sudah ditentukan sesuai dengan warna, sehingga seluruh pelaku UMKM mendapatkan untung yang merata,” ujar Daniel.

Suasana bazaar Hari Bermuhammadiyah IV, Sabtu (21/01).

Selain bazar makanan, Hari Bermuhammadiyah IV juga diisi dengan sharing session alumni FEB, ceramah, dan dimeriahkan oleh palang pintu yang menyambut kedatangan tamu undangan. Hari Bermuhammadiyah merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta setiap 2 bulan sekali sebagai salah satu cara untuk membumikan gerakan dan dakwah Muhammadiyah. (MN/KSU)